Luar Biasa, Rupanya Pinang Punya Khasiat Menghibur Anak-anak

526
Lomba panjat pinang dilaksanakan KODIM 1410 Bantaeng tiap tahun.
Anggota Pramuka saksikan pendirian tiang panjat pinang di Lapangan Lompobattang (15/08/2018).

Bantaeng (kla.id)
Minggu (19/08/2018). Selama ini pinang dikenal dengan beberapa macam khasiat. Diantaranya digunakan sebagai bahan dasar racun. Khasiat tersebut kerap dimanfaatkan untuk mengusir musuh di era penjajahan kolonial. Biji pinang mengandung alkaloida seperti arekaina (arecaine) dan arekolina (arecoline), yang sedikit banyak bersifat racun dan adiktif, dapat merangsang otak (Wikipedia).

Namun ada khasiat yang tak kalah hebatnya. Batangnya tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia yang mampu meningkatkan motivasi. Tiap tahun saat peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, batangnya dijadikan media lomba panjat pinang.

Di atasnya digantung sejumlah hadiah menarik. Dan hadiah ini dapat diambil masyarakat secara cuma-cuma, cukup memanjat batang pinang yang berdiri tegak dan telah diolesi pelumas. Membuat tiang panjat ini licin dan menyulitkan siapa pun yang mencoba meraih puncaknya.

Panjat pinang di Kabupaten Bantaeng pada tahun ini kembali dilombakan. Tepatnya di Lapangan Lompobattang Bantaeng yang diprakarsai KODIM 1410 Bantaeng. Lomba ini jadi ajang untuk meningkatkan motivasi betapa sulitnya meraih kesuksesan. Butuh perjuangan serta strategi tertentu mewujudkannya.

Danramil Tompobulu, Udin Syarif yang mengomandoi pendirian tiang dari batang pinang ini mengungkapkan, “Kegiatan ini untuk memeriahkan peringatan 17 Agustus. Tujuannya untuk menghibur anak-anak yang sedang berkemah dan bisa memacu semua orang untuk meningkatkan motivasi” ungkapnya.

Terkait hadiah lomba, dirinya bertutur, “Ini kami siapkan ada macam-macam hadiah diantaranya kue kaleng, baju anak-anak, handuk besar, mie instan dan makanan ringan. Untuk hadiah utama kita siapkan bagi peserta yang bisa meraih kertas bertuliskan 500 ribu Rupiah di puncak setiap tiang, pas di bawah bendera”, jelasnya.

Lomba ini tidak terlepas pula diadakannya Perkemahan Pramuka dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-57 untuk tingkat Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng (15-18 Agustus 2018). Danramil berharap anak-anak di lokasi perkemahan bisa terhibur. Lomba ini kata Udin Syarif yang berpangkat Kapten Arh dilaksanakan rutin tiap tahun KODIM 1410 Bantaeng. (AMBAE)