Luwu Utara Menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan FASS (Festival Forum Anak Sulawesi Selatan)

383

Luwu Utara ((kla.id)

Pelaksanaan Festival Forum Anak Sulawesi Selatan tahun ini, dipusatkan di Kabupaten luwu Utara, dengan Tema FASS tahun 2018 “ Anak Unggul Saling Merangkul Wujud Aksi Rupa Kreasi”, yang artinya semua anak Sulawesi Selatan merupakan Unggulan Sulawesi Selatan dengan saling merangkul satu sama lain dengan mengedepankan Khebinekaan , meskipun berbeda adat istiadat dan budaya mereka saling mendukung untuk anak-anak Sulawesi Selatan yang Unggul.
Festival Forum anak Sulawesi Selatan Tahun 2018 ini di Buka Oleh Gubernur Sulawesi Selatan dalam hal ini diwakili oleh Stah Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan. Sub Bidang Keuangan Prov. Sulawesi Selatan, Bapak Muhammad Hasan, SH,MH. Dalam sambutannya Muhammad Hasan mengatakan Sangat Apresiasi dengan Kegiatan ini sebagai wadah partisipasi dan kreatifitas Anak dan berharap Festival Forum Anak Sul Sel ini setiap tahun dilaksanakan siapapun Gubernur ataupun Bupati/Walikota dan dari 24 delegasi Forum Anak yag terpilih akan dapat membawa Sulawesi Selatan ke Kanca Forum Anak Nasional dan mendapatkan prestasi terbaik di Nasional dan dapat menjadi Duta Anak Nasional
Pelaksanaan FASS ini dihadiri langsung oleh Bupati Luwu Utara, Ibu Indah Putri, S.Ip,M.Si dan seluruh OPD di Luwu Utara serta Wakil dari masing-masing kabupaten/kota baik Forum Anak maupun Pendamping kab/kota dan Tim Dinas PPPA Provisni Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya Bupati Luwu Utara mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang memilih Luwu Utara menjadi tuan rumah Pelaksanaan FASS tahun 2018 ini, dan pada kesempatan tersebut Bupati Luwu Utara melakukan Deklarasi bersama untuk menjadikan semua Desa/kelurahan dan Kecamatan di Luwu Utara menuju Layak Anak. Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan, Hj.Andi Murlina PA, S.Sos dalam sambutannya juga menekankan bahwa Forum Anak Sulawesi Selatan merupakan milik Provinsi Sulawesi Selatan yang harus kita dukung bersama, bukan Forum Anak Dinas PPPa, tapi Forum anak kita semua. Ini dibuktikan dengan keterlibatan forum anak di setiap kluster , Kabupaten/Kota Layak Anak. Pada kesempatan ini juga Forum anak setiap kabupaten/kota di Sulawesi Selatan melakukan devile dengan membawakan atraksi khas daerahnya masing-masing.


Pelaksanaan Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 28 maret sampai 31 maret 2018 , dimulai dengan acara pembukaan oleh Gubernur Sulawesi Selatan dan kegiatan-kegiatan forum anak , pemilihan ketua FASS Sulawesi Selatan dan masih banyak lagi, juga diisi dengan pertemuan bagi pendamping kab/kota dimana salah satu agendanya adalah membahas rencana pelaksanaan FASS tahun 2019 dan pelaksanaan Evaluasi KLA.
Festival Forum Anak Sulawesi Selatan ini bertujuan untuk memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada Forum Anak untuk berpartisipasi aktif dan berkreasi dalam Pelaksanaan Pembangunan di Daerah menuju Kabupaten/Kota Layak Anak dengan mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah.


Kegiatan ini selain mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas PPPA Provinsi Sulawesi Selatan juga dari Pemerintah Kabupaten Luwu Utara sebagai tuan rumah. Diharapkan dengan dilaksanakannya FASS ini anak-anak di Sulawesi Selatan dapat menjadi Pelopor dan Pelapor yang handal dan menjadi generasi penerus bangsa yang menjadi harapan Bangsa ke depan, ujar Ibu Nur Anti, SE,MT , Kepala Bidang PHPA Dinas PPPA Provinsi Sulawesi Selatan sebagai ketua Tim Provinsi pada pelaksanaan FASS tahun 2018