Mendongeng di Masa Pandemi.

259

Kota Jambi (Kla.id)

Kegiatan mendongeng saat ini sudah jarang dilakukan, baik oleh orang tua ataupun guru kepada anak-anak. Kegiatan mendongeng sudah mulai menurun apalagi dimasa pandemi covid-19. Kegiatan mendongeng yang biasanya menghadirkan anak-anak tentu harus dibatasi selama pandemi covid-19 ini.

Dongeng sudah jadi tradisi sejak zaman dulu bahkan sudah jadi bagian masa kecil kita. Nah, dengan bercerita menjadi stimulasi yang sangat baik bagi perkembangan otak, imajinasi, kemampuan berbahasa, dan mengolah emosi bagi anak kepribadian anak juga bisa berkembang karena dari cerita yang disampaikan ada berbagai nilai yang bisa dipelajari anak.

Mendongeng dapat menanamkan nilai positif seperti kebijaksanaan, keberanian dan kejujuran, juga memberi anak pengetahuan mengenai budaya mereka. Misalnya ketika anak mendengarkan dongeng cerita nusantara, adat istiadat, dan sejarah.

Mengusung tema ” Pencegahan Seksual pada Anak “, Sosialisasi  Gerakan Anak Rentan Kejahatan Seksual  yang digelar di Aula DPMPPA Kota  Jambi itu mengundang Anak – anak Siswa Sekolah Dasar Negeri  maupun Swasta yang ada di Kota Jambi. dengan Narasumber Bunda Vera dan Kak Tomi. (3/6/2021).

Diakhir acara Bunda Vera mengatakan “Selama berkegiatan di rumah, dengan mengenalkan dunia baca dan literasi kepada anak-anak, adalah kegiatan menyenangkan yang dapat mendorong kemampuan berimajinasi dan belajar mereka dan dapat membantu orangtua mengisi waktu anak-anak dengan sesuatu yang menyenangkan dan edukatif,”