MERIAHKAN HAN MELALUI LOMBA MEWARNAI

161

“Kepada orang tua di rumah, jangan terlalu banyak memberi aturan kepada anak. Baik dalam pemilihan warna maupun memberi batasan garis, biarlah Ia bereksplorasi dengan warna~warna dan gambar di hadapannya,”

Dompu~NTB Kla.id, Menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak~anak. Lewat menggambar dan mewarnai mereka bias menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka. Gambar~gambar yang mereka hasilkan juga dapat menujukkan tingkat kreativitas dan suasana hati masing-masing anak.
Mengingat banyak manfaat aktivitas mewarnai bagi Si Kecil, taka da salahnya jika para orang tua mulai membiasakan anak~anaknya mewarnai gambar sejak dini, mulailah dengan gambar~gambar yang tidak terlalu detail agar Si Kecil lebih mudah mengaplikasikan warna yang ingin ditorehnya.

“Kepada orang tua di rumah, jangan terlalu banyak member aturan kepada anak. Baik dalam pemilihan warna maupun memberi batasan garis, biarlah Ia bereksplorasi dengan warna~warna dan gambar di hadapannya,” penyampaian UMI YAT (Kadis P3A Dompu).

Fase golden age atau usia emas bagi pertumbuhan seorang anak adalah 0~5 Tahun, karena pada masa tersebut otak anak akan berkembang hingga 800. Sehingga anak usia tersebut akan mudah menyerap dan menirukan semua informasi yang didapatnya, tanpa melihat baik atau buruknya informasi tersebut.
Pada masa emas, orang tua harus berperan aktif dalam mengawasi pertumbuhan dan perkembangannya serta mengarahkan pada hal~hal positif seperti memperkenalkannya pada kesenian.

“Mengenalkan anak pada kesenian, ternyata dapat berguna untuk melatih kepekaan anak terhadap lingkungannya dan menjadikan anak lebih ekspresif dalam menunjukkan bakatnya” lanjut UMI YAT.

Kesenian yang paling digemari oleh anak~anak adalah seni mewarnai. Tidak heran setiap kegiatan Lomba Mewarnai selalu dipadati oleh wajah~wajah antusias dari anak~anak maupun orang tua yang menyertainya.
Antusiasme peserta maupun orang tua, tergambar dengan jelas pada setiap kegiatan Lomba Mewarnai yang dimana ruangan lomba selalu dipadati oleh orang tua yang menyemangati dan mengarahkan anaknya untuk bias menyelesaikan proses mewarnai, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Di sisi lain Lomba Mewarnai menjadi media pendidikan mentak anak untuk siap menerima kemenangan dan kekalahan, sebab dalam setiap perlombaan pasti ada yang menang dan kalah.

Masa golden age merupakan pekerjaan ekstra bagi orang tua dan tenaga pengajar dalam membangun sebuah pondasi yang baik bagi generasi bangsa. Pola pendidikan dan pengasuhan yang tepat akan menciptakan generasi bangsa yang cerdas dan bermental prima.
Adanya Ferstival Lomba Mewarnai ini, dapat menjadi sarana pendidikan mental pada anak, karena dalam Lomba mewarnai dapat menumbuhkan jiwa competitor dan menjadi sarana menuangkan ekspresi maupun imajinasi pada anak.

Maksud dari Kegiatan Lomba Mewarnai dalam rangka Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Dompu adalah sebagai wadah kegiatan anak~anak Pra~Sekolah dan Taman Kanak~Kanak (TK) maupun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Dengan memperhatikan maksud kegiatan diatas, maka tujuan dari Kegiatan Lomba Mewarnai dalam rangka Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Dompu, adalah sebagai berikut; (a) Mengembangkan kreativitas, imajinasi anak serta penyaluran bakat, melatih keselarasan motorik, penguatan percaya diri, pengembangan efeksi dan komunikasi aktif; (b) Melatih Keterampilan Motorik pada anak; dan (c) Melatih Kreativitas anak.

Penerima manfaat dari Kegiatan Lomba Mewarnai dalam rangka Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Dompu adalah Peserta Didik Tingkat Taman Kanak~Kanak (TK dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Manfaat Kegiatan Lomba Mewarnai :

1) Mengembangkan Kemampuan Motorik
Aktivitas mewarnai dapat membantu meningkatkan kerja otot tangan pada anak. Kemampuan motoric tersebut sangat penting dalam perkembangan anak, seperti halnya mengetik, mengangkat benda.

2) Sebagai Media Berekspresi
Kegiatan mewarnai erutama mewarnai bidang kosong merupakan cara bagi Si Kecil untuk mengungkapkan perasaan dirinya. Melalui gambar yang dibuatnya dapat terlihat apa yang sedang dirasakannya, apakah itu perasaan gembira atau perasaan sedih.

3) Mengenal Perbedan Warna
Aktivitas anak mewarnai biasanya menggunakan pensil warna atau krayon dapat membantu anak mengenal warna, anak dapat membedakan warna yang satu dengan yang lainnya. Hal ini juga dapat mempermudah anak memadukan warna sehingga membantu anak untuk berkreasi.

4) Melatih Anak Menggenggam Pensil
Lewat kegiatan mewarnai yang dilakukan anak, mereka akan belajar menggenggam pensil meskipun diawali dengan menggenggam krayon, karena sering dilakukan berulang~ulang maka akan menjadi kebiasaan yang akan membantu Si Kecil dalam menulis saat anak duduk di bangku sekolah. Tetap semangat dan terus belajar.

5) Meningkatkan Konsentrasi
Ternyata mewarnai dapat melatih anak konsentrasi, ketika anak sedang melakukan kegiatan mewarnai anak tidak mudah teralihkan dan tetap focus. Kemampuan konsentrasi ini sangat berguna bagi anak dalam menyelesaikan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, seperti matematika.

6) Melatih Kemampuan Bekerjasama
Mewarnai membutuhkan kerjasama yang sangat baik antara mata dan lengan, mulai dari cara menggenggam krayon, memilih warna, hingga menajamkan warna. Kemampuan ini sangat penting untuk anak

7) Mengenal Garis Batas Bidang
Saat anak mewarnai mereka tidak akan peduli dengan garis batas yang ada dihadapannya. Seiring berjalannya waktu anak akan memahami dan memperhatikan garis batas tersebut, sehingga anak akan berusaha mewarnai gambar di hadapannya tanpa keluar garis. Ini akan membantu anak saat anak mulai menulis di buku yang bergaris.

8) Mewarnai Melatih Anak Membuat Target
Aktivitas mewarnai sejak dini Si Kecil akan membantu anak menyelesaikan tugas yang dihadapinya. Di sini akan terpupuk rasa tanggung jawab anak dengan pekerjaan yang diterimanya, sekaligus memupuk kepercayaan diri Si Kecil bahwa Ia dapat menyelesaikan tugas yang sedang diembannya.

Menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak~anak. Lewat menggambar dan mewarnai mereka bias menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka. Gambar~gambar yang mereka hasilkan juga dapat menujukkan tingkat kreativitas dan suasana hati masing-masing anak.

Kegiatan Mewarnai memberi manfaat bagi anak, sebagai berikut; (1) Mengembangkan kemampuan motorik;  (2) Sebagai media berekspresi; (3) Mengenal perbedaan warna; (4) Melatih anak menggenggam pensil; (5) Meningkatkan konsentrasi; (6) Melatih kemampuan bekerjasama; (7) Mengenal garis batas bidang; dan (8) Mewarnai melatih anak membuat target.  [Yd/DP3A Dpu]