Meriahnya Malam Penghargaan FASS Award Tahun 2018

565

Luwu Utara ((kla.id)

Malam Penghargaan FASS Award tahun 2018 yang merupakan rangkaian dari Pelaksanaan Festival Forum Anak Sulawesi Selatan dan sekaligus merupakan malam penutupan FASS tahun 2-18, sangat meriah dengan penghargaan-penghargaan yang diperoleh oleh Forum Anak kabupaten/kota dengan 9 kategori penilaian yang ditentukan oleh Panitia yang berasal dari senior-senior Forum Anak Sulawesi Selatan dengan berkoordinasi dengan Dinas PPPA Provinsi Sulawesi Selatan.
Malam penghargaan FASS Award tahun 2018 di meriahkan dengan hadirnya Sekertaris Daerah Kabupaten Luwu Utara yang sekaligus menutup Palaksanaan FASS tahun 2018, selain Sekda Kab.Luwu Utara hadir pula Kepala Dinas PPPA Prov. Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kepala Bidang PHPA Prov. Sulawesi Selatan berserta Tim , hadir pula pada kesempatan tersebut Kepal Dinas PPPA KAb.Luwu Utara beserta Tim , Kepala Dinas PPPA kabupaten/kota se Sulsel dan Forum anak Se Sulawesi Selatan.


Acara ini dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2018 di Aula Hotel Remaja Kabupaten Luwu Utara. Adapun susunan acar pada malam Penganugrahan FASS Award 2018, dimulai dengan pembukaan oleh MC, kemudian Pembacaan Doa oleh wakil forum anak Kab.Luwu Utara atas nama Nindya, kemudian di lanjutkan dengan Sambutan oleh Kepala Dinas PPPA Prov. Sulsel yang di wakili oleh Kepala Bidang PHPA, Nur Anti, SE,MT. Dalam sambutannya Nur Anti mengatakan kegiatan ini 70% pelaksanaan FASS ini merupakan kontribusi Anak-anak kita dan hanya 30% kontribusi Dinas PPPA Prov. Sulsel dan Pemerintah Kab.Luwu Utara. Apabila anak-anak kita diberikan tanggung jawab mereka akan melaksanakan tanggung jawab itu dengan sebaik-baiknya terbukti selama kegiatan berlangsung mulai tanggal 28 sampai besok tanggal 31 maret kegiatan berjalan lancar dan Forum Anak mempersembahkan kratifitas terbaiknya unkapnya. Sambutan terakhir oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Luwu Utara sekaligus menutup Pelaksanaan FASS 2018, beliau sangat terkesan dengan pelaksanaan FASS ini dan berharap kedepan akan lebih baik lagi.


Setelah pembacaan sambutan dan sekaligus menutup Pelaksanaan FASS
Tahun 2018, acara dilanjutkan dengan pembacaan Forum anak terbaik dengan beberapa Kategori yang dilombakan yang dipandu oleh Alumni Forum Anak Kab. Bulukumba, Wira dan Alumni Forum anak Kab.Takalar , Nia. dimana kategori Forum anak terbaik antara lain :
Forum Anak dengan pelaporan terbaik adalah Kabupaten Bantaeng
Forum Anak dengan Publikasi terbaik adalah Kabupaten Bantaeng
Pendataan forum anak terbaik adalah Kabupaten Sinjai
Sekertariat Forum Anak terbaik adalah Kabupaten Bone
Forum anak dengan website data terbaik adalah Kota Pare-pare
Program kerja terinovatif adalah Ngaji rong dari Forum anak Makassar
Program kerja terbaik pada kluster hak sipil dan kebebasan adalah Berburu Aspirasi dari Forum Anak BAntaeng
Program kerja terbaik pada kluster II yaitu lingkungan keluarga dan pengasuhan alternative adalah CINTA , Forum anak Kota Pare-pare
Program kerja terbaik pada kluster III yaitu Kesehatan dan kesejahteraan social adalah Plastik beribu manfaat dari Forum anak Sidrap (fanelos)
Program kerja terbaik di kluster IV yaitu Pendidikan dan pemanfaatan waktu luang dan kegitqn budaya jatuh pada Forum Anak Buttu Sawelanang kab.MAros dengan program kerja MEnebar Kebahagiaan di Sekolah Kolong
Dan Program Kerja terbaik pada Kluster V yaitu Perlindungan Khusus adalah Pendampingan Anak yang berhadapan dengan hukum oleh Forum Anak Kota Makssar
Disamping kategori diatas juga ada kategori dengan penilaian pada Ketua Forum Anak yang terinspiratif yaitu Hasmita yaitu Ketua Forum Anak Kabupaten Gowa. Selanjutnya FAD terfavorit adalah Forum Anaka kota Pare-pare, Forum Anak Daerah Teraktif adalah Forum anak Kota Pare-pare dengan 116 program kerja dan akhirnya dari kategori yang di perlombakan terpilihlah Forum Anak Daerah Terbaik yaitu FORUM ANAK KOTA PARE-PARE dengan mendapat piala dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas PPPA Provinsi Sulawesi Selatan.


Diselah-selah pembacaan pemenang, di selingi dengan pementasan tarian dari Forum anak Kota PAlopo dan Forum Anak Kab.Sidrap yang menambah kemeriahan acara tersebut. Selanjutnya dilanjutkan dengan PEmentasan yang dibawakan oleh Forum anak Luwu Utara dan pembacaan Duta Anak yang akan mewakili Sulawesi Selatan ke Festival Forum Anak Nasional yang rencananya diselenggarakan di Surabaya.
Kemeriahaan acara penganugrahan FASS AWARD yang di rangkaiankan dengan acara penutupan pada malam itu membawa kesan tersendiri pada Sekertaris Daerah Kabupaten Luwu Utara untuk lebih memperhatikan Forum Anak daerah tersebut untuk berkreasi lebih baik lagi. Acara diakhiri dengan acara bebas oleh Forum Anak Se Sulawesi Selatan dengan menampilkan kreasi masing-masing daerah. Dan Atas Nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Seluruh Forum Anak se Sulawesi Selatan mengucapkan banyak terima kasih kepada PEmerintah KAbupaten Luwu Utara atas kelancaran kegiatan FASS tahun 2018. Dan dari hasil musyawarah dengan pendamping masing-masing kabupaten/kota , Penyelenggaraan FASS tahun 2019 akan di laksanakan di Kabupaten Soppeng. (AND)