MKJP IS GOOD FOR EVERY FAMILY

75

Tanjung Selor (Kla.id)BKKBN adalah sebuah badan yang diberikan mandat untuk mengelola tiga hal dalam mewujudkan Indonesia yang sejahtera yakni Kependudukan, Keluarga Berencana serta pembangunan keluarga. Berkaitan dengan keluarga berencana BKKBN memiliki peran untuk mengajak setiap keluarga memiliki perencanaan secara khusus perencanaan tentang bagaimana ada kesepahaman antara suami istri dalam menentukan jumlah anak.
Berkaitan dengan pengaturan berapa jumlah anak tentu harus banyak hal yang dipertimbangkan. Lain dulu lain sekarang, saat ini kita hidup dizaman yang berbeda, jika dahulu ada konsep banyak anak banyak rejeki akankah pola pikir tersebut masih relevan jika diterapakn pada saat ini, saya yakin kita semua sepakat berkata TIDAK. Mengapa demikian, saat ini kita bisa melihat secara sederhana bagaimana anak-anak SD, SMP sudah mulai merokok dan bukankah ini sesungguhnya merupakan sindiran keras bagi para orang tua bahwa ssesungguhnya merupakan sindiran keras bagi orang tua bahwa sesungguhnya orang tua sudah mengajarkan nilai-nilai positif kepada anak-anaknya, kita lihat bagaimana remaja kita sudah terpapar narkoba ditambah lagi kasus kehamilan diluar pernikahan dan masih banyak masalah yang ditimbulkan dari ketidakmampuan keluarga dalam memberikan Asah Asi Asuh bagi anak-anaknya.
Berdasar kondisi diatas BKKBN terus menggemakan tagline “2 Anak Cukup Keluarga Bahagia Sejahtera” agar terbentuklah keluarga yang berkualitas. Untuk itu, setiap keluarga diajak untuk menggunakan alat kontrasepsi yang tepat. Dan tentu pilihan yang tepat adalah MKJP yakni meotde kontrasepsi jangka panjang seperti penggunaan Implan yang Bekerja efektif 3 – 5 Tahun serta IUD yang bekerja efektif 5 – 10 tahun dalam Pengaturan jarak kelahiran.
Melihat pentingnya kesadaran perencanaan jumlah anak menuju keluarga berkualitas Penyuluh KB Kecamatan Peso Hilir bekerja sama dengan Tenaga Kesehatan Puskesmas Long Bang bersinergi dalam melakukan Komunikasi Informasi serta Edukasi (KIE) kepada warga Kampung Juman sungai Berun RT 03 Desa Long Telenjau untuk memilih alkon MKJP sebagai pilihan karena seperti kita ketahui bersama bahwa dilokasi Kampung Juman sungai Berun rata-rata semua keluarga terlalu banyak anak, terlalu sering melahirkan sehingga ada beberapa anak yang tidak bisa menikamti hak-haknya baik untuk bisa bermain karena harus bekerja maupun hak mereka untuk bersekolah karena keluarga tidak mampu menyekolahkan. Dalam semangat untuk memberikan rasa keadilan untuk menikmati hak-haknya baik untuk bisa bermain karena harus bekerja maupun hak mereka untuk bersekolah karena keluarga tidak mampu menyekolahkan. Dalam semangat untuk memberika rasa keadilan untuk menikmati semua akses menuju keluarga berkualitas itulah sinergi dilakukan dan hasil edukasi berbuah dengan beralihnya lima akseptor KB yang biasa menggunakan suntik saat ini menggunakan implant.
Pemasangan MKJP Implan Kamis lalu (18 Juli 2019) kepada lima akseptor warga Kampung Juman sungai Berun diharapakan menjadi awal yang baik agar nantinya semua Pasangan Usia Subur dikampung Dayak Punan tersebut bisa menggunakan metode KB MKJP.
Apresiasi perlu diberikan kepada seluruh Tenaga Kesehatan Puskesmas Long Bang yang dipimpin oleh PLT Pimpus Bpk. Arif Rahman, dr.Roy, dr. Fitri, Bidan Reni, Bidan Sherly, Bidan Devi Wowor yang telah melayani dengan antusias sehingga akseptor merasa nyaman.
Semoga tren positif tersebut dapat terus berlanjut sehingga memberi dampak yang positif baik bagi struktur kependudukan secara umum dan terlebih peningkatan kualitas keluarga secara khusus.
#CintaKeluargaCinta Terencana #PenyuluhKBPesoHilir #PuskesmasLongBang #MKJP