MTQ Tingkat Kecamatan Diikuti 273 Peserta

75

Tanjung Selor (kla.id) – Agenda Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di Bulungan kembali digelar, masih di tingkat Kecamatan yang ke 16. Digelar di Kecamatan Tanjung Selor dimana yang menjadi tuan rumahnya ialah Kelurahan Tanjung Selor Timur.

Pada acara pembukaan yang digelar pada Jumat 24 Januari 2020, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Achmad Ideham yang mewakili Bupati Bulungan membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dimana akan berlangsung selama tiga hari.

Ia menyebutkan ada sebanyak 273 peserta yang ikut ambil bagian dalam ajang tersebut, dimana jumlah tersebut berasal dari 3 kelurahan dan 6 desa yang ada di Tanjung Selor.

Atas diselenggarakannya kegiatan tersebut ia menyampaikan rasa senang dan bangga atas upaya menumbuh kembangkan pemahaman serta pengamalan Al Qur’an bagi umat Muslim tersebut.

“Kegiatan ini sekaligus wujud seleksi di tingkat kecamatan untuk kemudian mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Bulungan,” terangnya di Halaman Masjid Albarokah.

Ia juga mengungkapkan, minat generasi muda Muslim terhadap pengkajian Al Qur’an saat ini cenderung kurang, baik kualitas maupun kuantitasnya. Oleh karenanya melalui MTQ tersebut diharapkan dapat mendorong generasi muda agar memiliki motivasi tinggi mempelajari, menggali, dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an.

“Diharapkan melalui kegiatan ini generasi muda Muslim kita lebih Qur’ani, sehingga membuat kehidupan lebih damai dan religius,” pungkasnya.

Untuk diketahui pada MTQ tingkat Kecamatan Tanjung Selor ini ada beberapa perlombaan, seperti golongan tartil yang diikuti 53 peserta, tilawah anak-anak diikuti 43 peserta, tilawah remaja diikuti 37 peserta, hifdzil qur’an golongan 1 juz diikuti 44 peserta, golongan 5 juz diikuti 21 peserta dan musabaqah makalah qur’an (MMQ) diikuti 13 peserta. Kemudian yang terbaik dalam ajang ini nantinya akan mengikuti MTQ Tingkat Kabupaten yang akan digelar beberapa bulan lagi.(MC Bulungan/sny)