Ngabuburit Sambil Bermain Permainan Tradisional

812

Bulukumba, KLA.ID
Ngabuburit sambil belajar dan bermain permainan tradisional merupakan salah satu program kerja Forum Anak Kecamatan Herlang Bulukumba.
Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu 10 Juni 2018 itu bertujuan untuk mengisi waktu luang anak-anak pesisir daerah Alorang, Kelurahan Tanuntung, Kecamatan Herlang sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba.

“Dalam kegiatan ini, kami mengajak anak-anak Alorang untuk belajar, mengaji, dan bermain permainan tradisional bersama. Ada 25 orang anak yang mengikuti kegiatan ini diantaranya 16 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Mereka semua antusias dan bersemangat. Kegiatan ini bukan hanya sekedar mengaji saja. Tetapi, anak-anak diberi pengetahuan mengenai keutamaan beribadah di bulan Ramadhan, cara pengucapan huruf hijaiyah yang benar, dan pengetahuan agama lainnya,” kata Muhammad Jaslin, Ketua Forum Anak Kecamatan Herlang.

Anak-anak Alorang makin semangat dan antusias saat kegiatan bermain di tepi Pantai Alorang. Semua permainan yang dimainkan adalah permainan tradisional, diantaranya lempar sandal dan sepak bola untuk anak laki-laki, lompat tali, congklak, engklek (piccong), dan bola bekel untuk anak perempuan. Selain itu, ada juga permainan ular naga panjang untuk semua anak-anak, termasuk pengurus Forum Anak Kecamatan Herlang sempat mengikuti kegiatan ini.

“Anak-anak di daerah Alorang ini belum melupakan permainan tradisional, meskipun virus gadget telah menyerang mereka. Mereka masih sangat pandai dalam memainkan permainan tradisional itu,” kata Risfa Elviana Hamra Wakil Ketua Forum Anak Kecamatan Herlang.

Pengurus Forum Anak Kecamatan Herlang berharap agar anak-anak di daerahnya tidak melupakan permainan tradisional, karena sesungguhnya permainan tradisional itu menyehatkan, mengasah otak, serta melatih kedisiplinan, kerja sama, dan nilai-nilai positif lainnya.(Laporan Muhajir Ganie)