Nuansa Bermain dan Belajar Warnai Musrenbang Anak Kecamatan, di Kab. Bulukumba

911

Bulukumba, (kla.id)

Dunia anak adalah dunia bermain. Di balik dunia bermain itu, upaya pemenuhan hak-hak anak tetap menjadi prioritas dalam pembangunan. Hal tersebut tergambar dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Rabu 23 Januari 2019.

Puluhan perwakilan anak yang terdiri dari Forum Anak Kecamatan, anak berkebutuhan khusus maupun anak penyandang disabilitas dan beberapa anak dari berbagai desa berkumpul untuk menyalurkan aspirasinya.

Peserta Musrenbang dibagi perkelompok oleh Fasilitator Musrenbang Anak dari Forum Anak Panrita Lopi Bulukumba. Masing-masing anggota kelompok diberi kesempatan untuk menuangkan ide kreatifnya dalam bentuk gambar dan tulisan tentang hal-hal yang mereka inginkan dalam perencanaan pembangunan untuk memenuhi hak-hak anak.

Ide-ide kreatif anak-anak yang mengikuti Musrenbang Anak di tingkat kecamatan itu selanjutnya ditampung untuk didorong ke Musrenbang Anak Tingkat Kabupaten.

Kegiatan Musrenbang Anak di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba itu dibuka oleh Hj. Umrah Aswani Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mewakili Bupati Bulukumba. Menurut Hj. Umrah Aswani, kegiatan Musrenbang Anak tahun ini merupakan kali kedua dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba. Bahkan sudah ada beberapa Kabupaten yang belajar Musrenbang Anak di Kabupaten berjuluk Bumi Panrita Lopi itu.

“Tidak semua kabupaten di Indonesia ini melakukan Musrenbang Anak. Bulukumba merupakan salah satu kabupaten yang sudah melakukan kegiatan Musrenbang Anak,” kata Hj. Umrah Aswani.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bulukumba itu menuturkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bulukumba punya komitmen yang kuat untuk memenuhi hak-hak anak. Sekaitan dengan hal tersebut, Hj. Umrah Aswani meminta Camat Ujung Loe untuk memperhatikan dan memfasilitasi Forum Anak Kecamatan Ujung Loe utamanya dalam pembentukan Forum Anak Desa/Kelurahan. Hal tersebut perlu ditempuh untuk mendukung upaya peningkatan status Bulukumba sebagai Kabupaten Layak Anak Pratama ke tingkat Madya dan Utama.

Sementara itu, Andi Yuniar Camat Ujung Loe berharap agar perwakilan anak-anak Kecamatan Ujung Loe yang hadir dalam Musrenbang tersebut untuk mengusulkan ide kreatifnya.

Kegiatan Musrenbang Kecamatan yang dilaksanakan oleh Bappeda bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemerintah Kecamatan dan Forum Anak itu, juga menghadirkan unsur Tripika dan beberapa perwakilan Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Bulukumba.

Musrenbang Anak tingkat Kecamatan di Kabupaten Bulukumba, menurut rencana akan berlangsung hingga pertengahan bulan Februari tahun 2019.
(Laporan Muhajir – Foto Irwan)