OPTIMALKAN PUBLIKASI KLA, RIAU IKUTI BIMTEK PENGELOLAAN WEBSITE KLA DI JOGJA

60
Antusiasme peserta mendengarkan paparan narasumber Bimtek Pengelolaan Website KLA 2019

 

Yogyakarta (kla.id) – Bertempat di Hotel JW Marriott Yogyakarta, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Website Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) bagi Pemerintah Provinsi se Indonesia pada tanggal 13-14 November 2019. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Deputi Tumbuh Kembang Anak, Eko Novi Ariyanti, pada hari Rabu (13/11/2019) ini menjadi sarana penyebarluasan informasi terkait pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak berbasis elektronik.

 

“Selain sebagai amanat Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, dasar dalam pengelolaan website KLA ini adalah Permen PPPA nomor 2 tahun 2002”, ungkap Sekretaris Deputi dalam paparan pembukanya.

 

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini menghadirkan pembicara dari Pengelola Media Kementerian PP dan PA RI serta Konsep Net selaku vendor pengembangan website KLA nasional. Dari evaluasi penggunaan website KLA tahun 2018, Mia Ainun Nurjanah (Tim Pengelola Media KPPPA) memaparkan masih ditemui beberapa artikel berita yang tidak sesuai panduan.

 

“Sepertinya masih ada perbedaan tafsir dalam memaknai konsep berita dengan artikel, karena kita masih menemukan berita yang memuat unsur opini penulis dan tidak mengikuti standar penulisan berita dalam website KLA”, ungkapnya. Untuk itu diharapkan gadis yang biasa disapa Mia ini kedepannya pengelolaan informasi melalui website KLA dapat lebih optimal dan tersinergi dengan baik.

 

Provinsi Riau yang diwakili Kepala Bidang Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak, Risnawati dan Operator KLA Riau, Rizky Kurniawan, merasakan manfaat atas diadakannya Bimtek ini. “Pasca Bimtek ini kita akan komunikasikan dengan teman-teman kabupaten kota, semoga kedepannya publikasi KLA di Riau lebih optimal”, harap Risnawati. (RQ_Riau)