Paket Sembako Mulai Disalurkan Pemkot Jambi

78

Kota Jambi (kla.id)

Sebanyak 15 ribu paket sembako disalurkan Pemkot Jambi kepada masyarakat yang terdampak wabah covid-19, Senin, (20/4) di Posko Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi.

Paket sembako tersebut diberikan serentak di 22 kelurahan se Kota Jambi. Secara simbolis, diberikan Walikota Jambi Syarif Fasha kepada tiga kelurahan di Kecamatan Kotabaru, yakni Kelurahan Selamat, Kelurahan Sukakarya dan Kelurahan Paal V.

Fasha menyampaikan, bantuan tersebut akan diberikan secara bertahap. “Tahap pertama hari ini, tahap kedua di bulan puasa dan jelang hari raya,” kata dia.

Menurutnya, pembagian dilakukan beberapa tahap guna mengurangi tak tepatnya sasaran. “Ini kita bagi beberapa tahap agar tepat sasaran. Jika tahap pertama tidak tepat, maka akan dievaluasi nantinya,” ujarnya.

Katanya ini merupakan bentuk jaring pengaman sosial yang sudah dirancang dan diprioritaskan untuk masyarakat sektor informal yang terdampak.

Selain membagikan paket sembako dari Pemkot Jambi, dihari yang sama Wali Kota Fasha turut pula membagikan secara serentak sebanyak 2.189 paket sembako yang diinisiasi oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Jambi. Bantuan tersebut diprioritaskan bagi penjaga dan satpam sekolah serta pengelola kantin sekolah.

Fasha mengatakan, akibat dari pemberlakuan siswa dirumahkan dan tidak beroperasinya sekolah, para penjaga kantin sekolah turut pula menjadi bagian masyarakat yang sangat terdampak akibat wabah Covid-19 ini. Pelaku ekonomi yang sehari-hari mencari nafkah disekolah tersebut, otomatis tidak mendapat pemasukan. Untuk itu, pihaknya melalui PGRI Kota Jambi, turut pula memberikan paket sembako, sebagai langkah untuk meringankan beban masyarakat tersebut, menjelang menyambut Ramadhan tahun ini.