Parenting tentang Perlindungan Hak Anak

155

Tanjung Selor (kla.id) – Dalam rangka melaksanakan rangkaian kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), maka PAUD AZKA Tanjung Selor mengadakan parenting untuk orang tua murid dengan tema “Perlindungan Hak Anak”, bertempat di  Aula PAUD AZKA (13/07/2019).

Materi disampaikan oleh Dr. Arif Jauhar Tontowi, MM selaku aktivis PATBM dan PUSPA di Provinsi Kalimantan Utara. Dalam paparannya Dr. Arif menyampaikan tentang pentingnya orang tua untuk menyisihkan waktu di tengah-tengah kesibukan untuk mengikuti kegiatan parenting, jika ayah tidak bisa hadir maka harus digantikan oleh ibu atau sebaliknya, tetapi alangkah lebih baik lagi jika kedua-duanya dapat hadir.

Karena tugas pengasuhan dan mendidik anak tidak bisa hanya diserahkan pada satu pihak, pada ibu saja atau pada ayah saja, tapi dua-duanya harus terlibat dan bersinergi untuk mendukung dan membimbing anak menjadi manusia yang sukses dan bermanfaat bagi orang lain.

Selain itu jika salah satu pihak tidak hadir atau salah satu pihak terlalu dominan maka akan mengakibatkan hal-hal yang kurang baik, misal sang ibu terlalu dominan maka bisa membuat anak laki-laki menjadi lebih feminin dan sebaliknya.

Lebih lanjut Dr. Arif juga memaparkan hak-hak anak seperti yang tercantum dalam konvensi hak anak.

Semoga kegiatan seperti ini akan semakin sering diadakan untuk membekali para orang tua tentang cara mendidik anak sehingga menghasilkan anak-anak yang berkualitas, karena anak hebat berasal dari keluarga yang peduli.

(Neni)