Peduli Perempuan dan Anak , DP3A Dalduk KB Sulsel, membagikan Masker di Pasar-pasar Tradisional

78


Makassar (kla.id) Pandemi Covid 19 , membawa banyak perubahan pada kehidupan masyarakat, tidak terkecuali pada pelaksanaan kegiatan program di semua organisasi perangkat daerah, termasuk di Provinsi Sulawesi Selatan.
Tercatat per tanggal 13 april 2020, jumlah kasus covid 19 di Sulsel sebanyak 561 kasus, dimana kasus yang menimpa perempuan sebanyak 265 (47%) Dan anak/remaja sebanyak 63 kasus atau sebesar 11.22%

Melihat hak tersebut sebagai salah satu OPD yang tugas dan fungsinya bagaimama memberikan perlindungan kepada perempuan dan anak, maka Dinas P3A Dalduk KB melakukan berbagai aksi,dengan membentuk kelompok kerja yang difokuskan pada perlindungan perempuan dan anak serta penguatan keluarga yang diketuai oleh Hj.Sarlin Nur, sebagai Plt.Kepala Dinas P3A Dalduk KB Prov.Sulsel.

salah satu aksi yang dilakukan adalah dengan melakukan pembagian masker ke pasar-pasar tradisional,yang dikoordinir langsung oleh ibu kepala dinas P3A Dalduk KB, sarlin nur pada tanggal 17 april 2020, dengan membagi 2 tim dan menyasar 4 pasar yaitu Pasar Toddopuli, pasar tello, pasar, panaikang dan pasar batua.

Pembagian masker ini juga atas dukungan PKK Provinsi sulsel, dimana selain Dinas Pberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Sulsel, masker juga disumbangkan oleh PKK Provinsi Sulsel sehingga alhamdulillah bisa mengakomodir cukup masyarakat khususnya perempuan dan anak yang mendapatkan masker. Ujar A.Nurseha ka.seksi PKA DP3A Dalduk KB Sulsel.

Meskipun demikian lanjutnya, kami tetap memberikan masker ke laki-laki yang tidak memakai masker di pasar larena hal ini juga akan berdampak tidak baik bagi perempuan dan anak yang ada disekitarnya.

Tujuan peberian masker ini adalah selain merupakan salah satu cara yang dilakukan untukencegah terjadinya penularan juga, memberikan informasi kepada masyaralat betapa pentingnya menjaga diri agar tidak tertular dari wabah yang kita ketahuo bersama sulsel merupakan salah satu provinsi dengan zona merah (terbanyak kasusnya)

Bagi-bagi masker untuk anak dan perempuan di pasar.
Anak-anak di pasar mengenakan masker dari PKK dan DP3ADaldukKB SulSel (17/04/20).

Masker yang dibagikan kurang lebih 400 lembar, itupun masih banyak yang belum kebagian, kami akan melakukan hal seperti ini lagi secara bertahap, alhamdulillah untuk pembuatan masker sendiri kami dibantu oleh kelompok PUSPA binaan provinsi dan Lapas Perempuan Bolangi, ujar A.Seha.

Kami berharap wabah ini cepat berlalu, untuk itu mari kita semua, mematuhi anjuran pemerintah dalam pencegahan dan penangan covid 19.Semoga wabah ini membawa hikmah buat kita semua, minimal seluruh masyarakat bisa mengetahui betapa pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat.(AND)