Pelatihan Dokter Kecil Puskesmas Bumi Rahayu Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan

690
Pelatihan Dokter Kecil

Tanjung Selor (kla.id) – Dokter kecil adalah peserta didik yang dipilih guru guna ikut melaksanakan sebagian usaha pelayanan kesehatan terhadap diri sendiri, keluarga, teman murid pada khususnya dan sekolah pada umumnya.

Pelatihan dokter kecil adalah kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Puskesmas Bumi Rahayu, yang bertujuan agar anak-anak bisa mengetahui pola hidup sehat dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Lidia Lisa, A.Md.Kep sebagai Ketua Panitia mengatakan bahwa tujuan UKS adalah anak sekolah menjadi sehat berada dalam lingkungan sehat sehingga anak tumbuh dan berkembang baik dan belajar dengan optimal.

Sedangkan tujuan pembinaan dokter kecil bagi siswa adalah :

  • Memahami arti dan manfaat hidup sehat
  • Memahami arti dan manfaat lingkungan sehat dan UKS bagi peningkatan kesehatan anak sekolah
  • Mempunyai sikap yang positif terhadap usaha kesehatan bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, sekolah dan lingkungan
  • Memiliki keterampilan dalam : a. penyuluhan usaha kesehatan praktis bagi perorangan, keluarga, masyarakat dan sekolah, b. melaksanakan pengukuran TB dan BB, c. memberikan pertolongan pertama pada penyakit dan pertolongan pertama pada kecelakaan serta membantu petugas kesehatan dan guru UKS.

Pelatihan Dokter Kecil dilaksanakan tanggal 21 Maret di SD 021 Bumi Rahayu, tanggal 24 Maret di SD Gunung Sari, tanggal 27 Maret di SD Apung dan tanggal 29 Maret di SD Bukit Indah Apung.

Kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan terutama untuk anak-anak, agar mereka terbiasa hidup sehat sejak kecil, sehingga kedepan diharapkan dapat menjadi generasi penerus yang sehat jasmani dan rohani.

(Neni)