Pelatihan Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor

87

Kota jambi (kla.id)

Forum Anak merupakan mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak. Forum Anak menjadi wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang, mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan dengan keanggotaan dari berbagai kelompok anak. peran dan berkontribusi langsung dari anak-anak, agar mereka dapat berperan sebagai 2P.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Jambi, menggelar Pelatihan anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) yang merupakan salah satu bentuk peningkatan kapasitas bagi anggota Forum Anak. Pelatihan ini diikuti oleh Forum Anak Daerah dan Siswa-Siswi SMA maupun SMP dalam Kota Jambi, pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 10 s/d tanggal 11 Tahun2020. Bertempat di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Jambi.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Jambi drg. Irawati Sukandar, M.Kes mengatakan “ Forum Anak merupakan mitra Pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak, Pelopor dan Pelapor atau disebut 2P adalah sikap positif dan semangat yang harus dimiliki oleh Forum Anak Kota Jambi.

Pelatihan anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) menghadirkan Narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jambi dan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi Jambi.

Maksud dan Tujuan dilaksanakan Pelatihan anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor dilingkungannya dan Agen perubahan dalam pembangunan, sehingga Forum Anak diharapkan dapat menjadi orang yang bertahan dalam segala situasi dan kondisi serta mempunyai kemampuan yang dapat mambantu dan mengajak orang lain disekitarnya dapat turut serta dalam proses perubahan.

Ibu drg. Irawati Sukandar juga menghimbau “ Forum Anak diharapkan dapat menjembatani komunikasi antara pemerintah dengan Anak-anak dan sesama Anak-anak dengan konsep Dari Kita untuk Kita dan Oleh Kita” Imbuhnya