Pelatihan Konselor Sebaya Provinsi Kalimantan Utara

783

Tanjung Selor (kla.id) – “Provinsi Kalimantan Utara berkomitmen untuk menjadi yang terdepan melalui pelatihan konselor sebaya untuk anak-anak yang tergabung Forum Anak Daerah (FAD)”,  hal  ini  disampaikan oleh Drs. Sanusi, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalimantan Utara, kepada peserta pelatihan konselor sebaya di Ruang Pertemuan Hotel Pangeran Khar Tanjung Selor (10/04/2017).

“Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini dimaksudkan agar remaja memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam untuk membantu kawan-kawannya meringankan perasaan terisolir dan kesepian di sekolah, dan melatih kemandirian mengatasi masalah mereka sendiri dengan cara yang rasional, positif dan bermoral”, ujar Drs. Suryanata, MM; Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Provinsi Kalimantan Utara selaku Ketua Panitia Pelatihan Konselor Sebaya.

Acara diawali dengan laporan ketua panitia oleh Suryanata   kemudian sambutan dan pembukaan oleh Sanusi. Untuk materi pelatihan disampaikan oleh Dermawan, M.Si;  Asisten Deputi Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia dan Fanny Sumajouw, S.P.Si; praktisi anak di Provinsi Kalimantan Utara.

Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh hampir seluruh OPD terkait yang ada di Provinsi Kalimantan Utara, dan peserta dari 5 kabupaten/kota yang berjumlah 50 orang.

Acara ini terselenggara atas dukungan pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, DP3AP2KB Provinsi Kalimantan Utara dan Kementerian PPPA RI.

Suksesnya acara ini perlu didukung oleh pemerintah melalui OPD terkait serta masyarakat luas agar kedepannya remaja bisa berperilaku cerdas dalam bergaul dan memilih teman sebaya, karena kawan sebaya dapat membantu membentuk  perilaku. Selain itu remaja adalah masa depan bangsa yang akan meneruskan tongkat estafet pembangunan.

(Neni)