Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) bagi Tenaga Kesehatan Tahun 2019 di Bekasi

360

 

Pelatihan KHA bagi Tenaga Kesehatan diikuti oleh 48 peserta dari 6 provinsi di Indonesia yang terdiri dari Dinas PPPA Provinsi dan Kota, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota, serta Pengelola Puskesmas
Foto bersama Deputi Tumbuh Kembang Anak dengan Peserta Pelatihan KHA bagi Tenaga Kesehatan di Bekasi, 27-29 Oktober 2019

Salah satu hal yang menjadi unsur penunjang dalam pelaksanaan Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (PRAP) adalah penguatan Sumber Daya Manusia, khususnya dalam hal pemahaman mengenai Konvensi Hak Anak (KHA) pada Klaster Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan.

Dalam rangka pencapaian SDM yang memahami KHA tersebut, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak mengadakan kegiatan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) bagi Tenaga Kesehatan yang dilaksanakan pada tanggal 27-29 Oktober 2019 di Hotel Harris Bekasi yang diikuti oleh 48 peserta dari 6 provinsi, yakni Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, dan DKI Jakarta.

Pemberian Materi KHA dari pengajar, Bpk. Hamid, kepada peserta pelatihan KHA bagi Tenaga Kesehatan

Peserta berasal dari Dinas PPPA Provinsi dan Kota, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota, serta Pengelola Puskesmas.

Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tentang pemenuhan hak anak atas kesehatan dan Kesejahteraan yang diamanatkan dalam KHA serta menyiapkan fasilitator tenaga kesehatan di puskesmas untuk pemenuhan hak anak atas kesehatan dan Kesejahteraan di daerah.

Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar selama 3 hari. Antusiasme peserta terlihat cukup tinggi ditandai dengan diskusi yang berlangsung seru, penugasan kelompok yang diselesaikan dengan cepat dan tepat, serta ditutup dengan kompetisi peserta dalam kuis post-test.