Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) Klaster Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan Bagi Tenaga Kesehatan

340

Palangkaraya (kla.id) Salah satu hak anak yang harus dipenuhi, dihargai dan dilindungi adalah hak kesehatan dasar dan kesejahteraan. Dalam Konvensi Hak Anak (KHA) pasal 24 ditetapkan bahwa negara peserta mengakui hak anak untuk mendapatkan standar kesehatan tertinggi yang dapat dicapai dan perawatan serta pemulihan kesehatan bila sakit. Negara peserta harus berupaya keras untuk menjamin bahwa tidak seorang anakpun yang akan dirampas haknya untuk mendapatkan pelayanan perawatan tersebut. Berkaitan dengan pemenuhan hak kesehatan pemerintah wajib menyediakan fasilitas dan menyelenggarakan upaya kesehatan yang komprehensif bagi anak agar anak memperoleh derajat kesehatan yang optimal sejak anak masih dalam kandungan. Orang tua dan keluarga bertanggung jawab menjaga kesehatan anak dan merawat anak sejak dalam kandungan. Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) yang merupakan fasilitas pelayanan kesehatan terdepan dengan 3 (tiga) fungsinya merupakan lembaga pertama dan utama dalam memberikan pelayanan pemenuhan hak kesehatan anak. Apabila semua puskesmas dapat menyelenggarakan upaya pemenuhan hak anak kesehatan anak atau atau menjadi Puskesmas Ramah Anak, maka permasalahan kesehatan anak dapat segera teratasi atau hak kesehatan anak telah terpenuhi. Kegiatan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) Bagi Tenaga Kesehatan dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 Oktober 2019 di Hotel Harris Conventions Bekasi.

Tujuan dari Kegiatan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) Bagi Tenaga Kesehatan untuk meningkatkan kemampuan tentang pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan yang diamanatkan dalam Konvensi Hak Anak (KHA) dan tersedianya fasilitator tenaga kesehatan di puskesmas untuk pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan di daerah.

Kegiatan ini diawali pembukaan dan arahan Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Tentang Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA). Narasumber pada kegiatan ini terdiri dari 1 orang penceramah, 2 orang pengajar dan 5 orang panitia. Materi yang disampaikan adalah :

  1. Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan dan Kesejahteraan dalam rangka Pengembangan KLA
  2. Kerangka Kerja Hak Asasi Manusia dan Hubungannya dengan Konvensi Hak Anak dan Konvensi lainnya.
  3. Konvensi Hak Anak dan Sejarah
  4. Hak Kesahatan Anak
  5. Anak Penyadang Disabilitas
  6. HIV-AIDS dan Hak Anak
  7. Kesehatan dan Perkembangan Remaja dalam Konteks Konvensi Hak Anak (KHA)
  8. Hak Anak menikmati Standar Kesehatan Tertinggi

Kegiatan ini dibebankan pada DIPA Satker Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Tahun anggaran 2019.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta Kegiatan Pelatihan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) Bagi Tenaga Kesehatan  dapat mendorong puskesmas ramah anak untuk mewujudkan kota layak anak di kabupaten/ kota (Revika, A.Md).