Pelatihan Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas di Provinsi Kalimantan Utara

700

Tarakan (kla.id) – “Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang merupakan fasilitasi pelayanan kesehatan terdepan dengan 3 (tiga) fungsinya, merupakan lembaga pertaman dan utama dalam memberikan pelayanan pemenuhan hak kesehatan anak. Selain memberikan pelayanan peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan dan pemulihan, puskesmas juga berperan dalam pemberdayaan keluarga agar paham dan mampu memenuhi hak kesehatan anak. Saya berharap adanya komitmen yang kuat dari para pimpinan puskesmas untuk mewujudkan puskesmas ramah anak. Saya juga turut mengapresiasi pemerintah kabupaten/kota yang telah berusaha untuk mewujudkan puskesmas ramah anak yang menyediakan ruang bermain anak-anak. Saya berharap kedepannya pemerintah kabupaten/kota juga dapat mewujudkan posyandu ramah anak” Demikian sambutan Gubernur Kalimantan Utara yang dibacakan oleh Drs. Suryanata, MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Provinsi Kalimantan Utara, pada pembukaan acara Pelatihan Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas di Provinsi Kalimantan Utara di Hotel Royal Tarakan (04/10/2018).

Acara yang berlangsung tanggal 03-05 Oktober 2018 dihadiri oleh 10 Puskesmas masing-masing 1 orang dari Kabupaten Nunukan, 5 Puskesmas masing-masing 2 orang dari Kabupaten Malinau, 5 puskesmas masing-masing 1 orang dari Kabupaten Tana Tidung, 7 puskesmas masing-masing 1 orang dari Kota Tarakan, 12 puskesmas masing-masing 1 orang dari Kabupaten Bulungan, Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak masing-masing kabupaten/kota, dan peserta dari provinsi seperti : Bappeda, Dinsos, Dinkes, IDI, IBI, PPNI, Lembaga Masyarakat dan Pemerhati Anak.

Narasumber oleh Bapak Drs. Hendra Jamal’s, M.Si selaku Asdep Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan, Ibu Syahnez Alamudi, S.Sos, MM, Kabid Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan Anak dan Bapak Zulfadliansyah Nur, SKM selaku fasilitator dari Puskesmas Bontang Utara 3.

Acara seperti harus terus dilaksanakan dalam rangka menyelenggarakan pelayanan ramah anak di puskesmas serta mendorong puskesmas untuk menjadi puskesmas ramah anak untuk mewujudkan kota layak anak di Provinsi Kalimantan Utara.

(Neni)