Pelatihan Pelayanan Ramah Anak Di Puskesmas Provinsi Kalimantan Tengah

435

Palangkaraya (kla.id) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakanKegiatan Pelatihan Pelayanan Ramah Anak Di Puskesmas Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka meningkatkan Konvensi Hak Anak (KHA) setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpatisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Berkaiatan dengan pemenuhan hak kesehatan pemerintah wajib menyediakan fasilitas dan menyelenggarakan upaya kesehatan yang komprehensif bagi anak agar anak memperoleh derajat kesehatan yang optimal sejak anak masih dalam kandungan.  Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang merupakan fasilitas pelayanan kesehatan terdepan dengan 3(tiga) fungsinya merupakan lembaga pertama dan utama dalam memberikan pelayanan pemenuhan hak kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan dan pemulihan, puskesmas juga berperan dalam pemberdayaan keluarga agar paham dan mampu memenuhi hak kesehatan anak. Menjadi pusat informasi kesehatan bagi keluarga maupun anak dan memberi dukungan agar mereka dapat mempratekkan pengetahuan kesehatan dalam kehidupan. Apabila semua puskesmas dapat menyelenggarakan upaya pemenuhan hak kesehatan anak atau menjadi Puskesmas Ramah Anak, makan permasalahan kesehatan anak dapat segera teratasi atau hak kesehatan anak telah terpenenuhi yang di sampaikan dalam Sambutan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Kegiatan Pelatihan Pelatihan Pelayanan Ramah Anak Di Puskesmas Provinsi Kalimantan Tengahdihadapan para peserta Kegiatan Pelatihan Pelatihan Pelayanan Ramah Anak Di Puskesmas di hotel aquarius tanggal 08-10 April 2019’.

Dengan Tujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan dalam rangka mewujudkan kota layak anak , memberikan kesamaan persepsi tentang pelaksanaan puskesmas dengan pelayanan ramah anak dan memberikan pemahaman tentang langkah-langkah mengembangankan puskesmas dengan pelayanan ramah anak.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, laporan penyelenggaraan oleh Plt. Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak, dan membaca sambutan kepala dinas sekaligus membuka secara resmi kegiatan Kepala Bidang Informasi Data Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini dilanjutkan dengan paparan materi yang disampaikan oleh Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan dan Kesejahteraan dengan judul materi Konvensi Hak Anak (KHA), Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak dengan judul materi kebijakan Tumbuh Kembang Anak dalam Pelaksanaan Kota layak Anak (KLA), Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan  Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah materi yang disampaikan kebijakan pemenuhan Hak Anak atas kesehatan dan Kesejahteraan di Provinsi Kalimantan Tengah, Fasilitator Pusat materi yang sampaikan Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas dalam rangka percepatan Kota Layak Anak (KLA) dan Pelaksanaan Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (Best Practice).

Kegiatan ini didukung oleh Kementerian PP dan PA RI Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan Drs. Hendra Jamal’s, M.Si. Mega Yolanda Kasubid Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan. Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan  Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah dr. ADM. TANGKUDUNG, M.Si, drg. Rr. Ambar Hardiani Widjajanti  Kepala Puskesmas Cilodong Depok. Peserta kegiatan berjumlah 75 (tujuh puluh Lima) orang yang terdiri dari 14 kabupaten/ kota (dinas Kesehatan, Dinas P3APPKB dan Puskesmas) 5 (lima) orang dari provinsi (Bappeda, Dinas Kesahatan, Dinas P3APPKB). Kegiatan Pelatihan Pelayanan Ramah Anak Di Puskesmas Provinsi Kalimantan Tengah dibebankan pada Satker Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Tahun Anggaran 2019.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta Kegiatan Pelatihan Pelayanan Ramah Anak Di Puskesmas Provinsi Kalimantan Tengah dapat mendorong puskesmas ramah anak untuk mewujudkan kota layak anak di kabupaten/ kota se- Kalimantan Tengah (Revika, A.Md)