PEMBINAAN DAN PELATIHAN RELAWAN AKTIVIS PATBM di Kelurahan

178

Kota Jambi (kla.id)

Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) merupakan salah satu upaya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam memberikan perlindungan terhadap anak dengan berbasis masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan berupa kegiatan promotif dan upaya pencegahan untuk menghindari terjadinya kekerasan, upaya ini bertujuan untuk membangun dan menguatkan norma anti kekerasan, meningkatkan kemampuan orang tua untuk mengasuh anak serta meningkatkan kemampuan anak untuk bisa melindungi dirinya dari kekerasan.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Relawan Aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Ibu Yuniati, S.Sos, ME selaku Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Jambi. Kegiatan ini diadakan oleh Kelurahan Paal Lima Kec. Kota Baru Jambi, bertempat di aula Kantor Kelurahan Paal Lima (27/11/19).

Kegiatan Pembinaan dan Pelatihan ini bertujuan untuk  meningkatkan rasa kepedulian, pengetahuan dan keterampilan masyarakat yang tergabung dalam gerakan PATBM untuk melakukan upaya pencegahan dan penanganan terkait isu anak berhadapan dengan hukum dan untuk mengembangkan mekanisme pelibatan Aktifis PATBM serta anak dan orang muda agar mampu mendesimansikan ke aktor – aktor strategis, mendidik mereka agar memiliki keterampilan yang cukup dalam menangani permasalahan eksploitasi seksual anak

“Pemerintah berusaha memberikan perlindungan maksimal hingga kepada anak yang berhadapan dengan hukum melalui keterlibatan dan peran kader PATBM. Anak harus diintervensi sejak dini. Dilakukan pencegahan agar anak tidak melakukan tindak pidana. Disamping untuk mencegah anak menjadi korban, juga cegah anak tidak berkonflik dengan hukum. Jadi kami ingin melibatkan masyarakat, menyentuh keluarga-keluarga tetapi melalui PATBM,” jelas Yuniati, selaku narasumber pelatihan.

Upaya yang dilakukan dalam mengatasi masalah diatas adalah untuk merubah pola pikir dan pola perilaku masyarakat bukanlah sesuatu hal yang mudah, untuk itu diperlukan sosialisasi yang terus menerus, untuk kegiatan PATBM, sosialisasi masih merupakan kegiatan prioritas yang bertujuan untuk merubah pola pikir masyarakat, Semoga para Aktivis PATBM tetap bersemangat untuk memperjuangkan hak – hak anak yang merupakan generasi penerus bangsa.