Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia 2019 untuk kategori Kota Sedang.

35

Kota Jambi (kla.id)

ITB NOBATKAN KOTA JAMBI SEBAGAI RATING KOTA CERDAS INDONESIA 2019.

Kota Jambi kembali mengukir prestasi membanggakan di tingkat nasional dengan meraih Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia 2019 untuk kategori Kota Sedang.

Penghargaan tersebut diberikan oleh kampus ternama Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama BPPT dan Kemenkominfo tersebut merupakan bagian dari kegiatan Riset dan Rating Kota Cerdas Indonesia Tahun 2019.

Yang paling membanggakan adalah Kota Jambi sukses meraih 7 kategori dari 9 kategori yang diperlombakan, yaitu :

1. Rating Menuju Kota Cerdas (Smart City)
2. Rating Ekonomi Cerdas (Smart Economy)
3. Rating Sosial Cerdas (Smart Social)
4. Rating Lingkungan Cerdas (Smart Environment)
5. Rating Kesehatan (Smart Healt)
6. Rating Pengembangan dan Pengelolaan Kota
7. Rating Kesiapan Integrasi (Integration Readness).

Bertempat di Aula ITB penghargaan ini diberikan oleh Rektor ITB Bapak Kadarsah Suryadi, DEA diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi & Informatika Kota Jambi Bapak Drs. Nirwan, ME selaku perwakilan dari Pemerintah Kota Jambi.

Perlu diketahui Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu memahami kotanya sehingga bisa transformasi menuju Kota Cerdas. Pemetaan ini dilakukan dengan menilai kondisi kota berdasarkan elemen kualitas hidup (ekonomi, sosial, lingkungan) dan elemen pemungkin (tata kelola, infrastruktur dan teknologi, masyarakat). Pemetaan ini dilakukan melalui evaluasi mandiri oleh pemerintah kota dan kunjungan langsung ke pemerintah kota dan survei masyarakat (n=400) di beberapa kota terpilih.