Pengukuhan Pengurus Forum Anak Bumi Angso Duo Kota Jambi Masa Bakti Tahun 2021-2023

627

Kota Jambi (Kla.id)

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Jambi telah melaksanakan Kegiatan Pengukuhan Forum Anak Daerah Bumi Angso Duo Kota Jambi Masa Bhakti 2021-2023 di Aula Ruang Pola Kantor Walikota Jambi, pembukaan sekaligus pengukuhan langsung dipimpin oleh Bapak Wakil Walikota Jambi DR. dr. H. MAULANA, MKM., yang dihadiri oleh Forum Anak Daerah Kota Jambi dan SMA/SMK dalam Kota Jambi.

 

 

 

 

Wakil Walikota Jambi, Maulana mengatakan, “Dimana layak anak adalah kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen sehingga menjamin terpenuhinya hak anak,” jelasnya.

Dibawah pengelolaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Jambi, Forum Anak Bumi Angso Duo menjadi wadah bagi anak di Kota Jambi untuk memberikan suara, terlebih kepada kasus kekerasan terhadap anak.

Selain itu Pemkot Jambi juga berkomitmen untuk mendukung program pemerintah bahwa pemerintah daerah wajib membentuk forum anak sebagai bentuk turut serta pemerintah daerah. Menurutnya, saat ini anak sering mendapat kekerasan baik di rumah, di sekolah dan dilingkungan sekitar. Untuk itu dibentuklah forum anak ini untuk menindaklanjuti kekerasan yang sering terjadi.

“Jadi nantinya kalau ada yang mengalami kekerasan, lalu lapor ke forum anak, kemudian kami akan koordinasi dengan pihak terkait,” katanya.

Ia mengatakan tahun ini cukup banyak kegiatan yang melibatkan pelajar. “Baik itu seni, olahraga dan kegiatan-kegiatan lainnya yang khusus kami hadiahkan untuk mereka,” jelasnya. Ia juga meminta usulan kepada forum anak untuk kegiatan-kegiatan yang mereka perlukan nantinya.

“Sehingga nantinya mereka bangga menjadi anak-anak Kota Jambi,” katanya.

“Kami memfasilitasi, termasuk pemenuhan hak dasar seperti pendidikan dan termasuk bebas kekerasan fisik,” ujarnya.

Wakil Walikota Jambi, Maulana berharap, seluruh pengurus dan juga anggota Forum Anak Bumi Angso Duo ini bisa aktif dan memberikan kontribusinya.

“Kami berharap pengurus aktif dan dapat menjadi pelopor dan pelapor bersama dengan Dinas DPMPPA,” ujarnya.

Selain itu, kata Maulana Forum Anak Bumi Angso Duo juga dilibatkan dalam proses pembangunan di Kota Jambi.

“Kita libatkan dalam proses perencanaan pembangunan, misalnya Musrenbang.
Keinginan mereka seperti apa sih kota jambi ini ingin di bangun,” pungkasnya.