Penyuluhan Pengasuhan Anak Berbasis Gender

85

Tanjung Selor (kla.id) – Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) melakukan Penyuluhan Bagi Ibu Rumah Tangga dalam Membangun Keluarga Sejahtera dengan tema Pengasuhan Anak Berbasis Gender. Kegiatan ini dilakukan di Balai Desa Tanjung Tanjung Agung, Sabtu (12/10/19).
Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua RT dan RW desa Tanjung Agung, Kader Bina Keluarga Balita (BKB) desa Tanjung Agung, Kader Posyandu desa Tanjung Agung, Kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) desa Tanjung Agung, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), Ketua Forum Anak (FAD) desa Tanjung Agung, Ketua PIK-R desa Tanjung Agung dan masyarakat sekitar desa Tanjung Agung.

Kepala dinas PPPAPPKB dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes yang bertindak selaku narasumber dalam kegiatan ini mengatakan, Gender adalah pembedaan peran, kedudukan, tanggung jawab, dan pembagian kerja antara laki-laki dan perempuan yang ditetapkan oleh masyarakat berdasarkan sifat perempuan dan laki-laki yang dianggap pantas menurut norma, adat istiadat, kepercayaan atau kebiasaan masyarakat. Gender tidak sama dengan kodrat.

“Pengasuhan adalah kegiatan kompleks yang mencakup berbagai tingkah laku spesifik yang bekerja secara individu dan bersama – sama untuk mengasuh anak. Dalam pengasuhan dan pembimbing dalam keluarga, orang tua sangat berperan dalam meletakkan dasar – dasar prilaku bagi anaknya” ujarnya.
Diharapkan diadakan kegiatan Gerakan Pengasuhan Anak Berbasis Gender adalah terwujudnya kesadaran orang tua, anggota keluarga lainnya dan masyarakat tentang pentingnya pengasuhan berbasis hak anak dan pembinaan tumbu kembang anak untuk mewujudkan kemandirian, kepercayaan diri dan karakter anak.