PERAN “KAMPUNG PELANGI” DALAM MERAIH KLA DI DOMPU

203

Dompu~NTB Kla.id, Program Kampung Ramah Anak adalah Program yang dicetuskan oleh Ogranisasi Gabungan Organisasi Wanit (GOW) Dompu yang merupakan Satuan Unit Kerja berupa Kawassan pemukiman dan secara makro (bangunan) untuk meningkatkan kualitas lingkungan serta menjadi solusi dalam jaminan keamanan, keselamatan dan kenyamanan pengguna, terutama anak~anak serta meningkatkan keberlanjutan Kampung Pelangi. Kampung Ramah Anak menjadi acuan pengembangan kawasan yang berkelanjutan, baik lingkungan maupun nilai ekonomi tanpa menghilangkan nilai~nilai kelokalan setempat dengan mengeksplorasikan potensi kawasan tersebut.

Selain itu, penataan tersebut berfungsi sebagai pengembangan dalam mewujudkan pemukiman berkelanjutan yang mampu menjamin hak anak.
disamping itu, untuk mengatasi masalah kebersihan yang ada di Kampung Pelangi dengan penerapan program~program dimana usia produktif mendapatkan Pelatihan maupun Sosialisasi tentang pemanfaatan sampah agar dapat berguna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kegiatan Yang dilakukan ;
(1) Sosialisasi di Kampung Pelangi dilakukan oleh Organisasi terkait dengan Program Kampung Ramah Anak.
Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat lebih mengerti bagaimana konsep Kampung Ramah Anak serta kondisi lingkungannya yang mendukung agar kampung tersebut menjadi kampung percontohan.
(2) Program Pendataan Warga yang mendukung Kampung Pelangi sebagai Kampung Layak Anak, seperti Kepemilikan Akta Kelahiran Anak, Data Pernikahan Usia Dini, Ruang Kreativitas Anak serta AKI/AKB dan lain~lain serta data pendukung lainnya, seperti jumlah tempat sampah publik dengan memanfaatkan ruang gerak yang terbatas disana.
Program ini bertujuan agar instrument yang dibutuhkan untuk mendukung Kampung Peangi sebagai Kampung Ramah Anak juga ditopang oleh kondisi kebersihan lingkungan.
(3) Program Patroli Sampah atau Pemungutan dan Pemilahan Sampah diadakan oleh Organisasi yang ditentukan oleh Ibu Rumah Tangga yang ada disana, selain itu diadakan kerja sama dengan Dinas Terkait pula dalam pelaksanaan program ini nantinya.
Program ini bertujuan agar pembuangan sampah yang ada disana lebih teratur dan dapat dimanfaatkan lebih baik.
(4) Program Pemberdayaan Usia Produktif atau PEWARNA (Pemuda Warna~Warni), dilakukan agar mereka dapat berpartisipasi dalam menangani lingkungan disekitar, dimana dalam program ini Remaja Kelurahan Dorotangga menjadi wadah untuk berjalannya program ini.
dalam program ini mereka akan melakukan daur ulang sampah dan dibuat juga sistem agar mereka mendapatkan keuntungan eknomi dari sampah tersebut.
(5) Penerapan Zona Bebas Sampah. program ini bertujuan untuk mengurangi sampah yang disebabkan oleh perilaku Pengujung yang suka membuang sampah pada sembarangan tempat, dimana nantinya terdapat peraturan untuk tidak membuang sampah disetiap sudut kampung.
(6) Program Tas Resek. Dalam program ini setiap pengunjung diharapkan membawa tas plastik atau tempat sampah sendiri yang digunakan untuk menyimpan sampah ereka sendiri, jika pengunjung tidak membawa maka pengunjung bisa membeli tempat sampah tersebut ditempat yang sudah dipersiapkan oleh warga, tas atau tempat sampah yang sudah terisi sampah harus diletakan ditempat~tempat pembuangan sampah yang sudah disediakan oleh warga.

(7) Program Rembug Kampung. Program tersebut adalah Forum Musyawarah Warga untuk menemukan solusi~solusi yang berkaitan dengan permasalahan yang menyangkut prasarana penunjang Kampung Ramah Anak serta kondisi lingkungan, Forum ini juga menjadi ajang bagi warga untuk membuat acara~acara atau kegiatan yang dapat mendukung program tersebut.
(8) Program Daur Ulang Sampah dilakukan agar sampah~sampah yang ada disana dapat digunakan untuk kerajinan tangan dan dapat menghasilkan keuntungan ekonomi bagi Warga Kampung Pelangi, dalam program ini bekerja sama dengan Bank Sampah Mandiri untuk Pelatihan Daur Ulang Sampah.
(9) Program Pembelajaran dan Penjualan Hasil Produk Daur Ulang, warga yang akan dibantu oleh Bank Sampah Mandiri.
(10) Program Pembangunan Koperasi Kampung Pelangi yang akan dibantu oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Dompu.
Koperasi ini dapat berfungsi untuk menampung dan menjual hasil~hasil daur ulang warga, melakukan simpan pinjam serta sebagai penghubung Produk Warga ke Eksternal seperti Pihak Swasta.
(11) Selain itu, terdapat juga Program Pengadaan Peraturan Tertulis.
Peraturan tertulis ini dibuat agar para Pengunjung maupun warga selalu ingat akan pentingnya kebersihan dilingkungan tersebut. Peraturan tertulis tersebut akan diletakkan dibeberapa tempat yang dapat terlihat dengan jelas oleh Pengunjung dan Warga Kampung Pelangi.

Penerima manfaat dari Program~Program yang dicetuskan oleh GOW Dompu bertujuan untuk mewujudkan Kampung Ramah Anak dan meningkatkan kebersihan di Kampung pelangi serta meningkatkan perekonomian masyarakat dengan keuntungan bagi warga yang tinggal disana.
Program ini tidak hanya mengupayakan ruang~ruang terbaik bagi anak serta memperdulikan aspek lingkungan, aspek ekonomi dan sosial pula. selain itu, dalam program~program ini tidak hanya bekerja sama dengan warga saja tetapi dengan Pihak Swasta dan juga Pemerintah.

Untuk masalah kebersihan belum dikelola oleh setiap rumah, maka dari itu akan dibentuk beberapa program untuk mengelola kebersihan disana dengan mendapatkan keuntungan ekonomi bagi warga pula.  [Yd/DP3A Dpu]