Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Launching Koja Trans, Bus Berbasis Online

152

Kota Jambi (kla.id)

Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di lapangan utama Balaikota Jambi (28/10).

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut, diikuti seluruh jajaran Pemerintah Kota Jambi, Forkompimda, unsur TNI/Polri, Pelajar/Mahasiswa, organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan.

 

Menariknya dalam setiap peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung di Balaikota, telah menjadi tradisi hadirnya barisan pelajar yang mengenakan pakaian adat seluruh Nusantara, yang mencerminkan warna-warni keragaman suku bangsa dalam kebhinekaan bangsa Indonesia, yang akan terus terjaga dan lestari dengan baik di Kota Jambi hingga saat ini.

“Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia,” ujar Fasha.

 

Dihari yang sama Walikota dua periode dengan jargon Jambi Terkini itu juga menjelaskan alasan dipilihnya Hari Sumpah Pemuda sebagai momentum kebangkitan transportasi publik yang modern di Kota Jambi. “Kami sengaja memilih momentum Hari Sumpah Pemuda ini, sebagai perwujudan kebangkitan inovasi transportasi publik terkini di Kota Jambi yang modern di era digital ini,” terangnya.

“Pada Grand Launching Capsule Bus Koja Trans dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda di Jambi ini kami menyiapkan 28 unit kendaraan yang terdiri dari 25 Capsule Bus, 2 Capsule Care untuk penyandang disabilitas, dan 1 Capsule Plus atau ambulance,” jelasnya di Kantor Walikota Jambi.

Untuk menikmati layanan Capsule Bus, calon pengguna jasa transportasi modern ini dapat mengunduh aplikasi Capsule Bus guna mengetahui posisi dan jam keberangkatan.

“Calon pengguna Capsule Bus dapat langsung memesan lokasi penjemputan. Sebagai alat pembayaran digunakan uang elektronik, sehingga penumpang tinggal melakukan tap uang elektronik di pintu masuk bus dengan nilai transaksi yang terjangkau,” katanya.

Dalam kegiatan itu, hadir dan terlibat Forum Anak Daerah Bumi Angso Duo Kota Jambi, untuk bergabung bersama Walikota Jambi melaunching Koja Trans Bus Berbasis Online. Melalui kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan kepedulian anak-anak untuk turut menunjang konsep Smart City yang kini tengah dijalankan oleh Pemerintah Kota Jambi.

Bahwa keterlibatan Forum Anak ini juga merupakan bentuk nyata dari peran kepeloporan Forum Anak, di mana setiap anak diharapkan dapat menjadi agen perubahan dengan melakukan aksi positif dalam berbagai isu.