Peringati HANI 2019 BNK Gelar Jalan Sehat

80

Tanjung Selor (kla.id) – Dalam rangka Peringati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2019, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bulungan menggelar event jalan sehat, di Lapangan Agathis dengan tema “Melangkah bersama Generasi Milenial Untuk Bulungan Hebat Tanpa Narkoba”, Sabtu (20/7)

Wakil Bupati (Wabup) Bulungan Ingkong Ala yang juga ketua BNK Bulungan menyebutkan narkoba adalah penyakit masyarakat yang harus dilawan bersama demi menyelamatkan generasi muda untuk indonesia yang lebih maju.

“Bersama BNK, mari sama-sama jauhi narkoba, jangan sampai anak-anak terjerumus kedalamnya, sebab tentu memiliki dampak negatif,” ungkapnya.

Dijelaskan wabup, kegiatan HANI sejatinya puncak acara pada Bulan Juni lalu, namun BNK baru dapat melaksanakan kegiatan tersebut, dengan berbagai kegiatan seperti senam kesegaran jasmani, pawai atau jalan sehat dengan membagi berbagai macam paket souvenir.

“Pesertanya diikuti dari kalangan siswa SLTP & SLTA yang ada disekitar Tanjung Selor,” sebutnya.

Kenapa baru dilaksanakan pada bulan Juli ini? dijelaskannya karena pada bulan Juni Bulungan juga telah berpartisipasi memriahkan kegitan serupa bersama dengan BNNP Kaltara.

“Supaya kegiatannya tidak terkesan sering dilakukan,” sebutnya.

Ia menegaskan, bahwa acara jalan sehat yang didominasi oleh pelajar tersebut merupakan moment yang pas untuk menggabungkan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) demi mencetak generasi emas berprestasi tanpa penyalahgunaan narkoba.

“Tujuan kita sebenarnya untuk mengajak warga Kabupaten Bulungan bersama-sama menolak penyalahgunaan narkotika dan sejenisnya. Penyalahgunaan narkotika ini tidak dibenarkan secara hukum, dari pengedaran maupun pengunaan, ada hukumnya,” tegasnya.

Untuk itu kata dia ajakan untuk seluruh masyarakat sadar akan bahaya penyalahgunaan narkoba tersebut harus terus menerus disampaikan. Dalam berbagai kesempatan dan kegiatan.

“Salah satunya lewat kegiatan jalan sehati yang kami laksanakan tersebut,” imbuhnya.

Ia katakan dengan terus meningkatnya kesadaran masyarakat dan juga upaya pemberantasan dari segenap elemen, diharapkan Bulungan bebas dari peredaran narkoba. Untuk menambah semangat para peserta, panitian memberikan hiburan dan menyiapkan aneka hadiah menarik seperti halnya sepeda gunung. (MC Bulungan/sny)