PERPUSTAKAAN RAMAH ANAK MENINGKATKAN LITERASI ANAK DOMPU

192

Dompu~NTB kla.id,  Semenjak Usia Dini anak~anak perlu didekatkan dengan Perpustakaan sebagai salah satu Sumber Ilmu Pengetahuan.
Salah satu strategi sinergitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu, Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Kabupaten Dompu dan Dinas Perpustakaan & Kearsipan Daerah Kabupaten Dompu agar anak-anak mengenal dan mau mengunjungi perpustakaan, dengan jurus menyediakan Perpustaan Ramah Anak di 2 Taman Ramah Anak di Kabupaten Dompu, yakni Taman Ramah Anak ASRI dan Taman Jago Kala.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Dompu, ROHYANI, SH menilai “kegiatan tersebut sekaligus sebagai ajang menyemarakkan Bulan Kunjung Perpustakaan sebagai salah satu kegiatan pendukung Gerakan Memasyarakatkan Gemar Membaca pada Masyarakat”.

“Tanpa sosialisasi ke masyarakat, perpustakaan akan semakin jarang diakses informasinya oleh masyarakat. Untuk itu kegiatan seperti ini penting demi mengenalkan bermacam layanan yang bisa diberikan perpustakaan kepada masyarakat”, tambah Rohyani.

Perpustakaan Ramah Anak siap dilaunching di 2 Taman Ramah Anak di Kabupaten Dompu yang berlokasi di Taman Ramah Anak ASRI dan Taman Jago Kala.
“Baru-baru ini Tema untuk anak~anak itu adalah Tema Profesi sehingga anak~anak diberitahu profesi~profesi apa saja yang ada guna membuat imajinasi anak~anak lebih kuat lagi” penyampaian H. ALBUHAIRUM, S.Sos.,M.Si (Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu.

Selain Buku dan Beragam Kegiatan Bulanan, salah satu daya tarik Perpustakaan Ramah Anak ini ialah adanya lantai khusus untuk anak~anak. Bukan hanya Buku, melainkan disediakan pula Ruang Bermain Lengkap dengan Aneka Macam Media Bermain hingga Menggambar.
“Jadi, anak~anak bebas untuk memilih mau ngapain, mau bermain atau membaca? Jika mereka bosan untuk bermain, mereka akan membaca,” tutur Albuhairum.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu HJ. DARYATI KUSTILAWATI, SE.,M.Si menjelaskan mengenai kondisi Perpustakaan yang berbeda~beda.

Perpustakaan Pertama digambarkan sebagai berikut:
“Perpustakaannya punya banyak Buku dengan Jenjang berbeda~beda yang dipajang di rak. Ada ruang bagi anak~anak untuk membaca. Beberapa poster menarik dipajang. Anak bisa meminjam buku setiap hari. Guru berkeliling dan mengamati anak saat membaca untuk memastikan mereka membaca. Guru memberitahu anak untuk mengembalikan buku yang dipinjam ke perpustakaan setelah 3 hari.”

Sedangkan Perpustakaan Kedua dijelaskan memiliki kondisi sebagai berikut:
“Perpustakaannya punya banyak Buku dengan Jenjang berbeda~beda yang dipajang dengan baik di rak. Ada ruang bagi anak~anak untuk membaca. Karya Anak dipajang di dinding. Anak bisa meminjam buku setiap hari. Guru berkeliling untuk mendengarkan anak membaca dan menunjukkan letak kesalahan mereka. Guru menyuruh anak yang terlambat mengembalikan buku untuk berdiri di depan kelas sehingga murid lain tahu siapa yang belum mengembalikan buku.”

Kondisi Perpustakaan Ketiga:
“Perpustakaannya punya banyak Buku dengan Jenjang berbeda~beda yang dipajang di rak. Ada ruang bagi anak~anak untuk membaca. Anak~anak bisa meminjam buku sekali seminggu. Tidak ada Karya Anak yang dipajang. Guru berkeliling dan mendengarkan anak ketika membaca dan memuji upaya mereka. Guru membantu anak yang kurang pandai untuk memahami kata~kata sulit. Guru memberi Piagam kepada anak yang meminjam paling banyak buku di tiap semesternya.”

Pada umumnya, di perpustakaan Buku dikelompokkan berdasarkan genre. Namun, khusus untuk Perpustakaan Ramah Anak, kategorikan buku berdasarkan jenjang kerumitan didalamnya sehingga anak mudah mencari buku sesuai kemampuannya.

Koleksi Buku dengan tingkat kesulitan pemula diletakkan dirak bagian bawah agar anak~anak kecil yang baru belajar membaca mudah mengambil buku. Setiap rak juga diberi label kategori binatang lengkap dengan ilsutrasi yang sesuai.

Cara memajang buku juga tidak kalah penting, letakkan agar sampul terlihat jelas untuk menarik perhatian anak.
Selain itu, hiaslah perpustakaan denga tulisan dan gambar kreatif karya anak~anak.

[Yd/DP3A Dpu]