Porseni PKG Kabupaten Bulungan

84

Tanjung Palas (kla.id) – Ikatan Guru taman Kanak-Kanak Kabupaten Bulungan (IGTKI) bersama Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) kembali melaksanakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Pusat Kegiatan Gugus (PKG) yang kedua kalinya dengan mengangkat tema “Melalui porseni guru kita wujudkan guru yang profesional, energik dan kreatif’. Kegiatan Porseni PKG PAUD tersebut berlangsung di Lapangan Bola Krido, Desa Gunung Putih, Kecamatan Tanjung Palas pada Sabtu (31/08).

“Jadi hari ini (kemarin) kami mengadakan Porseni PKG “yang merupakan kegiatan kedua kalinya. Kalau sebelumnya kami mengadakan di Tanjung Selor, dan sekarang dipusatkan di Tanjung Palas,” ungkap Mistri S.Pd, selaku ketua panitia yang juga Ketua PKG Kecamatan Tanjung Palas. Kegiatan ini diikuti oleh 6 kecamatan, yaitu Kecamatan Tanjung Selor, Tanjung Palas, Tanjung Palas Tengah, Tanjung Palas Timur, Tanjung Palas Utara dan Kecamatan Sekatak.

Dia mengatakan, fungsi Porseni PKG ini sebagai wadah koordinasi antara gugus. Selain itu, sebagai wadah pembinaan seluruh anggota gugus, kemudian bengkel kerja peningkatan mutu untuk PAUD, pusat informasi perubahan misalnya ada kebijakan baru organisasi yang perlu disampaikan ke anggota. “Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturrahmi dan sinergitas para pendidik PAUD di Kabupaten Bulungan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, lewat kegiatan Porseni tersebut diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas, dan kompetensi guru untuk anak usia dini agar kualitas anak didik semakin baik. Kata dia, kegiatan ini sendiri bukan ajang untuk mencari siapa yang menang atau siapa yang juara. Tetapi bagaimana sebagai guru bisa bertukar pikiran, wawasan dan pengalaman yang didapatkan di acara ini.

“Jadi yang didapatkan ini bisa diterapkan kepada peserta didik mereka dalam proses belajar-mengajar di lembaga masing-masing,” tuturnya Dirinya berharap ke depannya Porseni ini bisa lebih baik lagi, lebih bersemangat, dan lebih semarak. Karena salah satu tujuan kegiatan ini akan memunculkan potensi guru yang profesional, energik dan kreatif. “Kami berharap ke depannya ada piala bergilir karena kegiatan ini adalah agenda rutin,” harapnya.

Sesuai dengan temanya, maka pihaknya mengadakan beberapa lomba diantaranya lomba tari kreasi yang memuat karakter untuk anak usia dini terdiri dari 6 orang guru. Lomba Alat Permainan Edukatif (APE) daur ulang diikuti 2 orang guru masing-masing gugus, lari estafet bendera yang terdiri dari 5 orang setiap gugus, dan lomba lari sarung diikuti 2 orang guru serta lari karung diikuti l orang masing-masing gugus. “Semua guru dari 6 kecamatan tergabung untuk mengikuti perlombaan,” sebut mistri. Biaya kegiatan merupakan iuran masing-masing gugus dan juga sumbangan beberapa donatur. Terkait bantuan untuk kesuksesan porseni ini atas nama seluruh panitia mengucapkan terima kasih kepada para donatur karena telah berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini.

Kepada Bidang Paud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulungan, Dra. Hj. Siti Mawarni berharap dengan ajang porseni PKG ini bisa mengakrabkan guru-guru se-Kabupaten Bulungan. “Saling berbagi ilmu dan kalau bisa kedepannya harus ditingkatkan lagi” ujarnya.

(adv/has)