Puluhan Tenaga Pendidik Menghadiri Sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) di Aula DPMPPA Kota Jambi

69

Pada hari Selasa, 15 Juni 2021, DPMPPA Kota Jambi mengadakan kegiatan sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) yang dihadiri 35 orang peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan tenaga pendidik dari SD dan SMP di Kota Jambi. Pertemuan sosialisasi SRA ini diadakan di aula DPMPPA Kota Jmbi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Salah satu tujuan disusunnya Kebijakan SRA adalah untuk dapat memenuhi, menjamin, dan melindungi hak anak, serta memastikan bahwa satuan pendidikan mampu mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan anak serta mempersiapkan anak untuk bertanggung jawab kepada kehidupan yang toleran, saling menghormati, dan bekerja sama untuk kemajuan dan semangat perdamaian. Satuan pendidikan diharapkan tidak hanya melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual, tetapi juga melahirkan generasi yang cerdas secara emosional dan spiritual.

Sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) juga bertujuan untuk menyamakan visi dan misi dalam tahapan pembentukan Sekolah Ramah Anak guna menciptakan ruang bagi anak untuk berpartisipasi terutama dalam perencanaan kebijakan, pembelajaran, pengawasan, dan mekanisme pengaduan di lingkungan sekolah sesuai dengan usia dan tingkat kematangan anak.
Hasil yang diharapkan dari sosialiasi pembinaan SRA ini adalah terwujudnya sekolah yang aman dan menyenangkan bagi peserta didik karena bebas dari kekerasan antarpeserta didik maupun kekerasan yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan, serta meningkatkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran dan dalam pengambilan keputusan di sekolah. Pada hakikatnya, kebijakan SRA ada untuk memastikan bahwa di dalam lingkungan sekolah anak mendapatkan haknya, serta mendapat perlindungan.

Diharapkan juga dengan adanya sosialisasi ini dapat membangun kesadaran bahwa Sekolah Ramah Anak adalah bagian penting dan tidak terpisahkan dalam pembangunan Kota Jambi sebagai Kota Layak Anak.