PUSPAGA Maros Sosialisasi Pola Asuh Anak di Arisan PKK Desa

36
Puspaga Maros Sosialiasi Pola Asuh Anak

Maros (kla.id) Kamis, 12 Maret 2020 Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Salewangang Maros, kembali melakukan Sosialisasi pertama kalinya di Kecamatan Cenrana, tepatnya di Desa Baji Pa’mai Kabupaten Maros.

PUSPAGA Salewangang Kabupaten Maros berada di bawah naungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Maros. PUSPAGA ini terbentuk pada bulan Desember 2017. PUSPAGA merupakan wadah atau tempat pembelajaran untuk meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera yang dilakukan oleh tenaga profesi melalui peningkatan kapasitas orangtua/ keluarga/ orang yang bertanggung jawab mengasuh dan melindungi anak agar tercipta kebutuhan akan kasih sayang, kelekatan, keselamartan dan kesejahteraan yang menetap dan berkelanjutan demi kepentingan terbaik anak, termasuk perlindungan dari kekerasan, eksploitasi, perlakuan salah dan penelataran.

Peserta Sosialisasi sebanyak 37 orang, yang mana pesertanya berasal dari staf Desa Baji Pa’mai, ibu-ibu dusun, anggota Majelis Taklim, Kader PKK Desa dan Anak KKN dari UIN Alauddin Makassar. Kegiatan Sosialisasi kali ini di rangkaikan dengan arisan PKK Desa, kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Desa Baji Pa’mai Hasmirah dalam sambutannya mengatakan PUSPAGA pertama kali diperkenalkan di Desanya dan sangat senang dengan kehadiran Tim PUSPAGA karena akan membawa dampak positif bagi ibu-ibu terutama Pola Pengasuhan di dalam keluarga.

Peserta Sosialisasi

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kecamatan Cenrana, Hj. Sadiqah Suwardi dimana dalam arahannya mengatakan kegiatan seperti ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta arisan sehingga dapat diterapkan dilingkungan sekitarnya dan lingkungan keluarga pada khususnya. Tidak hanya sebatas itu, juga sangat mengharapkan agar disetiap arisan perlu dirangkaikan dengan kegiatan peningkatan SDM lainnya arisan agar wawasan ibu-ibu semakin bertambah.

Kepala Bidang Pengarusutamaan Gender DPPPA Maros, Rachmawaty menjelaskan tentang pentingnya layanan bagi Keluarga, terutama keluarga yang memilki anak melalui pengasuhan yang lebih berkualitas dan berbasis hak anak. “Keluarga adalah sekolah pertama dan utama dalam pembentukan karakter anak sekaligus perlindungan anak, harus didukung untuk memilki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam hal pola asuh terbaik buat anak”, kata  Rachmawaty.

Dikesempatan yang sama tenaga Konsoler PUSPAGA Hasnianti  membawakan materi dengan judul “ Mendidik dengan Cinta”, yang mana dijelaskan bahwa mendidik dengan cinta, kasih sayang, dan bentuk-bentuk perhatian lainnya dapat menciptakan komunikasi yang baik dalam keluarga sehingga tercipta suatu keluarga sakinah, mawaddah, dan warahmah.