Ratusan Pelajar Se-Kabupaten Bulungan Mengenakan Pakaian Adat Ramaikan HUT Tanjung Selor dan Bulungan

87

Tanjung Selor (kla.id) – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tanjung Selor ke 229 dan Bulungan ke 59 berlangsung semarak, dengan adanya Pawai Budaya yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan yang difokuskan di Kecamatan Tanjung Palas, pada Sabtu (12/10/19).
Pawai budaya sendiri dihadiri dan disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala berserta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bulungan.

Sebelum pawai dimulai, tepat di depan panggung kehormatan terlebih dahulu dilakukan tarian penyambutan dari seni peran tradisional Bulungan yaitu Mamanda diikuti penampilan tari-tarian khas dan persembahan kuntau atau seni bela diri tradisional Bulungan.

Selanjutnya pawai budaya digelar, barisan diawali oleh anak-anak Paud kemudian disusul oleh barisan, SD SMP, SMA, diikuti organisasi pemerintah komunitas hingga masyarakat umum.
Pawai disemarakkan dengan penampilan pakaian adat dari suku Bulungan, Tidung dan Dayak hingga suku-suku yang ada di Bulungan. Kemudian adapula penampilan seni dari ragam budaya yang ada di Bumi Tenguyun.

Usai pawai budaya, selanjutnya dilakukan ziarah ke Makam Kesultanan Bulungan yang diikuti wakil bupati, berserta kepala OPD dan Lembaga Adat Kesultanan Bulungan. Selanjutnya digelar Ritual Adat.

Meski dirayakan dengan sederhana, perayaan HUT Tanjung Selor dan Bulungan ini berjalan semarak. Pawai Budaya yang disajika cukup menarik minat para pengunjung untuk menyaksikan. Terbukti, Jalan-jalan yang dilewati rombongan pawai dipenuhi oleh masyarakat yang cukup antusias menyaksikan.(MC Bulungan/sny)