Reakreditasi Puskesmas untuk Tingkatkan Mutu Pelayanan

24

Tanjung Selor (kla.id) – UPT Puskesmas Tanjung Selor kembali menjalani reakreditasi dari Kementerian Kesehatan RI yang berlangsung mulai Kamis (28/11). Kegiatan yang dilaksanakan Tim Survei Akreditasi tersebut meliputi Bidang Administrasi dan Manajemen, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) serta Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Selain untuk mendapatkan sertifikat akreditasi, diharapkan pula pelayanan dan pengelolaan Puskesmas semakin meningkat.Gambar mungkin berisi: 1 orang, di panggung

Tim Surveryor terdiri dr Widodo Moh Sutomo,MM (Service UKP) dari Kendal Jawa Tengah, Shirajuddin SKM, MScPH ( Service UKM) dari Kutai Kartanegara dan Aspiansyah,SKM (service Admin) dari Balikpapan. dr Widodo dalam kegiatan yang dimulai di Ruang Rapat UPT Puskesmas Tanjung Selor di Jl Mangga III menjelaskan, Puskesmas Tanjung Selor sebelumnya sudah terakreditasi yaitu Akreditasi Dasar, dan secara kasat mata sudah cukup banyak perubahan yang cukup baik dalam pelayanan maupun pengelolaan Puskesmas.

“Semoga akreditasi kali ini mendapat nilai bagus dan mendapat predikat tingkat paripurna seperti yang diharapkan Kepala UPT Puskesmas Tanjung Selor beserta staf,” ujarnya. Dilanjutkan, adanya akreditasi bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada Puskesmas, baik kepada pelanggan, masyarakat maupun pasien. Akreditasi pada Puskesmas terdiri 5 kategori, yaitu Tidak Terakreditasi, Akreditasi Dasar, Madya, Utama dan tertinggi yaitu Akreditasi tingkat Paripurna.Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang berdiri

Bupati Bulungan, H Sudjati, SH dalam kesempatan sama menjelaskan, akreditasi pada Puskesmas dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 46 tahun 2015, yang menyebutkan bahwa Puskesmas yang telah terakreditasi akan dilakukan akreditasi ulang setiap 3 tahun sekali. Diharapkan pula, kegiatan reakreditasi tidak sekedar untuk mendapatkan sertifikat tetapi untuk mewujudkan peningkatan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Saya berharap agar mutu pelayanan kesehatan kita harus terus ditingkatkan, semoga apa yang kita harapkan bersama pada UPT Puskesmas ini mendapat akreditasi tingkat paripurna,” ucap Bupati.