RENCANA AKSI DAERAH KABUPATEN LAYAK ANAK KABUPATEN DOMPU 2018~2021

71

Dompu kla.id, Kegiatan Asistensi dan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Indikator Kabupaten/Kota Layak Anak Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu di Ruang Pertemuan Dharma Wanita Kaupaten Dompu (11/02~2020).

Hadir sebagai Pemateri pada Kegiatan Asistensi dan Bimtek tersebut Kepala Bidang Sosial Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang Kabupaten Dompu DAVID, ST.,MT dengan Meteri “Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak Anak (RAD~KLA) Kabupaten Dompu Tahun 2018~2021 dalam Mewujudkan Dompu sebagai Kabupaten Layak Anak”.

Dalam Uraian Materinya David, mengemukakan Rencana Aksi Dalam Ilmu Perencanaan adalah bagian dari Perencanaan Strategis, yang merupakan penjabaran dari Visi dan Misi. Rencana Aksi merupakan penguraian dengan artikulasi yang tegas dan jelas, Siapa berbuat apa dan kapan waktunya serta hasilnya apa.
Rencana Aksi disusun agar segala sesuatu tidak berhenti di visi dan misi ….harapan belaka… Akan tetapi semakin mendekatkan kita kepada hasil, berorientasi hasil dan untuk Disusun untuk menautkan jangkauan antara harapan dan kenyataan, antara perencanaan dan tindakan, Ma Nggahi Rawi Pahu.

Sebagai bentuk keberpihakan, keseriusan dan langkah maju Pemerintah Kabupaten Dompu terhadap Visi KABUPATEN LAYAK ANAK, Pada Tanggal 28 Desember 2018, telah berhasil diundangkan Peraturan Bupati Dompu Nomor 42 Tahun 2018, tentang RENCANA AKSI DAERAH KABUPATEN LAYAK ANAK (RAD-KLA) KABUPATEN DOMPU TAHUN 2018-2021.

Kabupaten Layak Anak, selanjutnya disebut KLA adalah Sistem Pembangunan Suatu Wilayah Administrasi yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha yang terencana menyeluruh dan berkelanjutan dalam program dan kegiatan Pemenuhan Hak~Hak Anak.

RENCANA AKSI DAERAH KABUPATEN LAYAK ANAK (RAD-KLA) adalah sebagai Pedoman dan Kebijakan dalam menguraikan Visi KABUPATEN LAYAK ANAK (KLA), dalam Pelaksanaan Program dan Kegiatan yang terkait dengan Kabupaten Layak Anak (KLA) Oleh Para Pihak terkait terutama oleh GUGUS TUGAS KABUPATEN LAYAK ANAK (GT~KLA).

Pada Awal Tahun 2020 ini, sedang berkangsung Proses Perencanaan dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021. Mulai dari Rancangan Awal RKPD, Rancangan Awal Renja OPD, Musrenbang dan seterusnya, dengan berbekal Hasil Evaluasi terhadap Implementasi RAD~KLA dari 2018 – 2020, Momentum bagi Bappeda & Litbang Kabupaten Dompu untuk mengkoordinasikan dan meng~Asistensi Perencanaan Kebijakan, Program dan Kegiatan yang Ramah Anak dari masing~masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabupaten Dompu…. dan Indonesia… sehingga terwujud: Anggaran yang Responsif terhadap Hak~Hak Anak…. APBD yang berpihak kepada Kebahagiaan Anak.. APBD yang Ramah Anak, Demi Masa Depan

HAL – HAL YANG MASIH MENGEMUKA ;
~ Taman Ramah Anak di tiap~tiap Kecamatan, Desa dan Kelurahan
~ Ruang Laktasi di masing~masing OPD
~ Penyempurnaan Database Anak dari Keluarga Miskin secara akurat
~ Kualitas Air Bersih/Air Minum
~ Fasilitas Penyeberangan berupa Zona Aman Sekolah
~ Fasilitas Seni dan Budaya, Sanggar Anak

Dalam Kegiatan Asistensi ini membahas bagaimana upaya Kabupaten Dompu dalam mewujudkan Kabupaten Dompu sebagai Kabupaten Layak Anak pada Tahun 2020 dan merupakan Komitmen Kabupaten Dompu dalam memenuhi Hak Anak.

[Yd/DP3A Dpu]