Rencana Aksi Daerah Tk. Prov. Di gelar oleh Dinas PPPA Prov. Sulsel

477

Makassar (kla.id)

Setelah melakukan Workshop penyerasian RAD KLA tingkat kab/kota yg dihadiri oleh 24 kab/kota di Sulsel, di Hotel Kenari Makassar, Dinas PPPA melaksanakan Workshop Penyusunan RAD KLA tingkat Prov. Sulsel yang diikuti oleh Anggota Gugus Tugas Provinsi, di Condotel Hotel, dari tanggal 13-15 Agustus 2018.
Acara dibuka oleh Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan, Nur Anti,
SE, MT mewakili Kepala Dinas PPPA Prov. Sulsel. Dalam sambutannya bu anti menekankan kepada peseeta yang hadir bahwa KLA (Kabupaten/kota Layak Anak) bukan milik Dinas PPPA, tp milik Provinsi Sulawesi Selatan, kita semua, sehingga untuk mencapai Provinsi Layak Anak dibutuhkan keterlibatan Lembaga Pemerintah maupuan non Pemerintah dalam pelaksanaannya yang tentunya sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Kita berkumpul di tempat ini selain sharing terkait indikator KLA juga menyusun RAD di setiap OPD yang tentunya akan mendukung kab/kota menuju layak anak , karena prov. Tidak bisa mencapai Prov. Layak Anak apabila kab/kotanya tidak layak anak. Ujarnya.
Ada beberapa hal yang menjadi masukan kabupaten/kota kepada provinsi, dari hasil Workshop penyerasian antara lain Keterlibatan forum anak di setiap kluster, pelatihan KHA dimasing-masing OPD , Pelatihan SRA dan Pelayanan Kesehatan Ramah Anak di Puskesmas dan Rumah Sakit, dsmikoan pula dengan ketersediaan RASS dan Early Wanrning Sistem di Sekolah. Hal ini merupakan catayan penting yang dapat diakomodir oleh OPD terkait.

Semoga Workshop Penyusunan RAD KLA ini membuahkan hasil yang maksimal dari semua OPD anggota gugus tugas di Prov. Sulsel ujur bu nur anti disela-sela diskusi berlangsung (AND)