Safari Ramadan, Ajang Silaturahmi dan Pengentasan Kemiskinan

116

Tana Tidung (kla.id) – Setelah Kota Tarakan, pada Jumat (17/5) lalu Safari Ramadan 1440 Hijriah/2019 Masehi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) berlanjut ke Kabupaten Tana Tidung (KTT) dan Malinau. Rombongan dipimpin Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara H Udin Hianggio dengan didampingi Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara H Suriansyah beserta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Seperti sebelumnya, memanfaatkan momen ini, Pemprov akan menyerahkan sejumlah bantuan hibah pembangunan masjid, pondok pesantren dan lainnya. Di Malinau misalnya, bertempat di Masjid Agung Darul Jalal, Wagub menyerahkan bantuan hibah Rp 50 juta kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Khairaat Malinau, bantuan sosial (Bansos) senilai Rp 150 juta serta Alquran dan sarung.

Lalu, kepada pengurus Masjid Darul Falah-Desa Malinau Hulu, Kecamatan Malinau Kota, Pemprov menyerahkan bantuan hibah Rp 30 juta, Lembaga Pendidikan Ma’aruf NU Malinau menerima hibah Rp 25 juta, Masjid Al Falah menerima hibah Rp 50 juta, Ponpes Hidayatulah menerima Bansos Rp 150 juta beserta Alquran dan sarung, Ponpes Tahfidzul Quraan Ad-Daqwah menerima Bansos Rp 150 juta beserta sarung dan Alquran, GKII Jemaat Immanuel Desa Malinau Hilir menerima hibah 50 juta, dan Masjid Agung Darul Jalal menerima bantuan Alquran serta kitab Riyadush Sholihin.

Pada Sabtu (18/5), rombongan Safari Ramadan bergeser ke KTT. Di aula Masjid Agung At-Taqwa, Wagub kembali menyerahkan bantuan hibah dan bansos kepada rumah ibadah, lembaga pendidikan dan ponpes yang ada disana. “Saya, atas nama Pemprov Kaltara menghaturkan terima kasih dan penghargaan kepada masyarakat Malinau dan KTT yang terus menjalin silaturahmi serta kebersamaan untuk menciptakan kedamaian di Kaltara,” ungkap H Udin.

Wagub juga berterima kasih atas partisipasi tinggi masyarakat Malinau dan KTT pada Pemilu Serentak 2019 hingga mengiring Kaltara menyandang predikat sebagai provinsi penyelenggara Pemilu terbaik di Indonesia.

Kegiatan serupa juga berlangsung di Kota Tarakan. Namun, kali ini diprakarsai Kementerian Badan Usaha Milik Negera (BUMN). Mewakili Gubernur Kaltara, Asisten II Setprov Kaltara H Syaiful Herman menghadiri Safari Ramadan BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2019 yang berlangsung di Masjid Baitul Izzah, kompleks Islamic Center Kota Tarakan pada Jumat (17/5) sore.

Dituturkan Syaiful, kegiatan ini merpakan upaya pendekatan BUMN kepada masyarakat, utamanya bagi yang kurang mampu. “Kegiatan ini merupakan langkah yang sangat tepat sebagai upaya membantu pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan di Kaltara,” ucapnya.

Dia juga berharap program ini dapat pula dilaksanakan di Kaltara.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebijakan CSR Kementerian BUMN Eko Setyawan menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemprov, Polda dan Baznas Kaltara. “Kami akan berupaya agar kegiatan ini dapat dilakukan di daerah 3T di Kaltara,” tutupnya.(humas)