Sehari Belajar di Luar Kelas, Sekolah Serentak Deklarasi Ramah Anak, Perkuat Parepare Kota Layak Anak

123

Pare-pare (kla.id)

Sekolah di Kota Parepare ikut melaksanakan OCDAY Sehari Belajar di Luar Kelas, Kamis, 7 November 2019.

OCDAY dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional. OCDAY dilakukan oleh Kementerian Agama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) yang personnya dibagi ke seluruh sekolah (TK, SD, SMP dan SMA) di Parepare.
sekaligus memperkuat Parepare Kota Layak Anak. Dan diwarnai deklarasi Sekolah Ramah Anak oleh sekolah-sekolah yang melaksanakan OCDAY.

Kegiatan berorientasi pada penambahan pengembangan motorik, ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi peserta didik sesuai jenjang pendidikan. Seperti simulasi kebencanaan, permainan tradisional, dan lain-lain.

Di sela-sela kunjungannya di SMAN 1 Parepare, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Parepare, Ir. Hj. Rostina, MP mengatakan, kegiatan OCDAY di Parepare merupakan bentuk respons dalam memperingati Hari Anak Internasional sebagaimana yang dilakukan daerah lain.

Kegiatan ini, kata dia, bertujuan agar anak dapat belajar di luar kelas dan sekolah mulai dari TK, SD, SMP sampai SMA di Parepare, dapat menjadi Sekolah Ramah Anak.

“Mendukung Kota Parepare yang memperoleh predikat di tahun 2019 sebagai Kota Layak Anak Kategori kategori Madya,” kata Rostina.

Kasi Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak Hj. Ariyani, SE menambahkan, bahwa rata-rata seluruh TK, SD, SMP dan SMA di Parepare melaksanakan OCDAY dan deklarasi Sekolah Ramah Anak secara setentak di sekolah masing-masing