Sehari Belajar di Luar Kelas

28

Kota Jambi (kla.id)

Siapa pun yang sudah melihat dampak belajar dan bermain di luar kelas pada anak-anak mengetahui betapa kuatnya pengalaman seperti itu. Belajar di luar kelas menciptakan kenangan yang abadi, membantu membentuk kesadaran lebih besar akan lingkungan, memberikan lebih banyak peluang untuk berpikir secara independen, serta membuat anak-anak merasa tertantang dan antusias untuk belajar.

Pengembangan kapasitas Forum Anak Daerah Bumi Angso Duo Kota Jambi sebagai Pelopor dan Pelapor, dengan kegiatan Sehari Belajar di luar kelas dengan jumlah anak sebanyak 200 orang dari utusan 53 Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama. Acara ini dibuka oleh Bapak Sekretaris Daerah Ir. H. Budidaya, M.For.Sc, kegiatan yang berlangsung di Hutan Kota Muhammad Sabki, sebagai panitia kegiatan anggota Forum Anak Daerah Bumi Angso Duo Kota Jambi (7/10/19).

Hasil temuan menunjukkan bahwa kegiatan belajar di luar kelas adalah pendekatan yang sangat efektif untuk mendongkrak pencapaian di sekolah. Umumnya anak-anak lebih antusias dan fokus saat beraktivitas di luar kelas, terutama di tengah alam bebas seperti hutan. Secara fisik mereka bisa jadi lebih aktif, dan secara mental mereka bisa lebih rileks.