SMA 17 Makassar, di Persiapkan sebagai Sekolah Ramah Anak dan Responsif Gender

571

Makassar (kla.id)

SMA 17 Makassar salah satu SMA Unggulan di Makassar yang juga merupakan Sekolah Ramah Anak binaan Provinsi Sulawesi Selatan. SMA 17 juga pernah mendapatkan bantuan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk mewujidkan Sekolah Ramah Anak.
Seiirng dengan akan di laksanakannya, penilaian Anugrah Parahita Ekapraya (APE), maka Dinas Pendidikan Prov. Sulsel menunjuk SMA 17 untuk dijadikan SRA dan Responsif Gender.

Untuk itu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulsel bersama-sama Dinas Pendidikan melakukan pantauan sekaligus pembinaam dalam rangka menjadikan SMA 17 menjadi SRA dan Responsif Gender melalui pertemuam yang dilaksanakan pada hari jumat, tanggal 31 agustus 2018 dengan dihadiri oleh perwakilan siswa dan guru-guru di SMA 17. Hal ini merupakan hal yang baru dan inovatif mengingat selama ini yang ada hanya SRA meskipun dalam indikator Sekolah Ramah Anak juga salah satu syaratnya adalah tidak bias gender, namun dengan adanya penbahan ini, akan lebih memperlihatkan Sekplah yang ramah anak dan reaponsif gender artinya perempuan dan laki-laki mempunyai hak yang sama dalam melakukan peram dam fungsinya disekolah.
Dalam pertemuan dengan perwakilan siswa dan guru-guru, samgat antusias mendengarkan dan ada beberapa kuis diberikan ke siswa untuk memberikan semangat kepada para siswa untuk ikut berpartisipasi dalam mewukudkan SRA dan Responsif Gender.

Kami berharap SMA 17 merupakan sekplah binaan provinsi yang pertama menjadilan SRA dan responsif gender dan bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya ujar Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan, Fenriani, SKM, M. Kes, sebagai salah satu penggagas untuk menjadikan sekolah yang responsif gender.Kami akan datang kembali ke SMA 17, in sya allah 2 minggu setelah ini untuk melihat seberapa jauh pembenahan yang dilakukan, saya sangat bersyukur karena Kepala Sekolah dan Para guru serta siswa SMA 17 menyambut naik program ini, tinggal mbenahi sedokit mengingat SMA 17 memang sudah merupakan Sekolah Ramah Anak ujarnya. (AND)