Sosialisasi Advokasi Serta Pembentukan PATBM di Kelurahan Tanjung Selor Hulu

391

Bulungan (kla.id) Bertempat di Aula Pertemuan Kantor Lurah Tanjung Selor Hulu, Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten (DP3AP2KB) melakukan Sosialisasi Advokasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dan Forum Anak Daerah (FAD), Senin (15/10/2018).
Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Tanjug Selor Errin Wiranda, SE, Lurah Tanjung Selor Hulu beserta staf, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, PKK, Perwakilan Siswa dan Siswi Sekolah Menengah Umum Tanjung Selor Hulu dan Masyarakat sekitar.
Selaku narasumber dalam kegiatan ini adalah dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes selaku Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan dan Dr. Arif Jauhar Tontowi selaku Fasilitator PATBM Provinsi Kalimantan Utara.
dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes dalam pemberian materi Peran dan Partisipasi Anak sebagai Pelopor dan Pelapor dan Forum Anak Daerah menjelaskan peran anak dalam pelopor dan pelapor dalam Forum Anak Daerah (FAD) Memantau pemenuhan hak dan pelaksanaan kewajiban anak, Sosialisasi hak dan kewajiban anak di lingkungan teman sebaya anak, Menyuarakan aspirasi anak, Melibatkan diri dalam proses pengambilan keputusan dan Mendorong anak-anak aktif mengembangkan potensinya.
Selanjutnya Dr. Arif Jauhar Tontowi selaku narasumber PATBM dengan tema Peran Masyarakat Dalam Gerakan Anti Kekerasan Terhadap Anak menjelaskan prinsip prinsip PATBM Non-diskriminasi, Memperkuat struktur perlindungan anak lokal yang telah ada dan Membangun Jaringan Horisontal: sinergitas dengan lembaga desa – perangkat desa (posyandu, PKK, PATBM Desa lain, dll).
Selain itu dalam kegiatan ini juga diadakan pembentukan dan pengukuhan Forum Anak Daerah (FAD) Kelurahan Tanjung Selor Hulu.
Setelah pemaparan dilakukan oleh kedua Narasumber, acara kemudain dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kemudian acara di tutup dengan foto bersama.