Sosialisasi Aplikasi Sinden Tumbang di Pertemuan IGTKI Kabupaten Bulungan

654

Tanjung Selor (kla.id) – “Our Children Are Our Future, anak-anak kita adalah masa depan kita, bukan hanya masa depan sebagai orang tua, tapi juga bagi masyarakat, bangsa dan negara. Anak-anak yang terpenuhi haknya dengan baik terutama pada 6 tahun pertama kehidupannya, maka tidak terlalu sulit untuk meraih kesuksesan” Demikian paparan Kepala Seksi Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan Anak pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Provinsi Kalimantan Utara, di Gedung TK Al-Khairaat Tanjung Selor  (11/08/2018).

Untuk itu DPPPAPPKB Provinsi Kalimantan Utara merancang suatu aplikasi yang bisa menggambarkan pemenuhan hak kesehatan anak yang ada di PAUD/TK. Melalui aplikasi ini akan didapatkan status gizi anak, seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan gangguan perkembangan pada anak. Sehingga dapat diketahui jumlah anak yang tergolong gizi buruk, gizi kurang, gizi baik, gizi lebih dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Data yang ada dapat dipakai oleh stakeholder terkait untuk merencanakan program kegiatan yang berkaitan dengan anak, seperti pelatihan deteksi dini tumbuh kembang oleh guru PAUD/TK dan pelatihan penanganan ABK.

Acara yang dihadiri oleh guru TK di Wilayah Tanjung Selor dan Tanjung Palas ini, merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh IGTKI dibawah pimpinan Bapak Zulhidiansyah, SE. Tujuannya agar ada upgrade ilmu untuk para guru TK.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat menyadari tentang pentingnya pemenuhan hak kesehatan anak sejak dini, selain itu bisa mengokohkan sinergitas antara berbagai Lembaga terkait pemenuhan hak anak.

(Neni)