Sosialisasi dan Launching GENPITA CERDAS

33

Tanjung Selor (kla.id) – Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bulungan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) sekaligus mewujudkan program pemerintah One Agency One Innovation atau satu agensi satu inovasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) mengadakan Sosialisasi dan Launching GENPITA CERDAS. Kegiatan ini diadakan di Taman Kanak-Kanak (TK) Sri Mulya Kecamatan Tanjung Selor, Jum’at (08/11/19).Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang tersenyum, orang duduk

Dalam kegiatan ini turut hadir Dinas Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Para orangtua murid TK Sri Mulya.

Dijelaskan Kepala Dinas DPPPAPPKB, dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes GENPITA CERDAS singkatan dari Gerakan Orang tua Peduli Hak Anak Balita Cekatan Empati Responsif dedikasi Amanah Santun.

“Merupakan sebuah gerakan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada orang tua dalam upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan serta terlibat secara aktif dalam proses pemenuhan hak anak,” ungkap dia saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Launching GENPITA CERDAS.Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang berdiri

“Saya berterima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada Ibu Penina, Amd.Keb selaku peserta peserta Diklat Kepemimpinan tingkat IV dari OPD ini. ,” ungkapnya.

Sebab lanjut dia, telah menggagas proyek perubahan tersebut, sehingga tidak sekadar menjadi persyaratan kelulusan Diklat Pim IV, namun dapat menjadi inovasi program atau kegiatan yang dapat diterapkan secara nyata di daerah Bulungan.Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang duduk

Bentuk kegiatan Sosialisasi dan edukasi kepada orang tua yang dilakukan melalui GENPITA CERDAS ini adalah dengan menggunakan buku kontrol yang diberi nama BUKU CERDAS. Buku CERDAS berisi tentang Informasi mengenai hak-hak anak yang wajib dipenuhi oleh orangtua dan panduan dalam melaksanakan proses pemenuhan hak anak serta catatan/monitoring tentang hasil pemenuhan hak anak yang telah dilaksanakan.

Melalui GENPITA CERDAS diharapkan dapat meningkatkan kapasitas orangtua dalam proses pemenuhan hak anak dan menjadi orang tua yang cerdas yang memiliki tata nilai dalam pengasuhan yaitu; Cekatan, Empati, Responsif, Dedikasi, Amanah, Santun.