SOSIALISASI DEKELA DAN PEMBENTUKAN KAMPUNG KB DI DESA TANJUNG AGUNG

653

Tanjung Selor (kla.id) – Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan dan KB , maka Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana mensosialisasikan Desa Kelurahan Layak Anak (DEKELA) dan program Kampung KB sekaligus Pembentukan Kampung KB di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Palas Timur (29/04) bertempat di Gedung Karang Taruna Tunas Muda.

Peserta sosialisasi DEKELA dan pembentukan Kampung KB adalah Wakil Camat Tanjung Palas Timur, Babinsa, Bhabinkamtibmas,  Ketua BPD Desa Tanjung Agung, Penyuluh KB, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Masyarakat Setempat.

Acara di awali dengan Sambutan Kepala Desa Tanjung Agung, dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih dan menyambut baik adanya sosialisasi dan pembentukan KB di Tanjung Agung ini.

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Ibu hj.dr. Aryani Arsyad, M. Kes.

Dalam sesi pertama sekaligus sambutan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bulungan, dr.hj. Aryani Arsyad,M.kes  mengenai Konsep Pembentukan Kampung KB dan diharapkan Kampung KB menjadi miniatur pelaksanaan program KB di tingkat rendah dan diutamakan bagi daerah miskin, padat penduduk dan akses kesehatan berkurang, daerah kumuh, wilayah pesisir/nelayan, kawasan miskin perkotaan, wilayah terpencil/perbatasan. Sasaran Kampung KB adalah keluarga, Pasangan Usia Subur, Remaja Keluarga dengan balita, keluarga dengan remaja, keluarga dengan lansia, kepala desa, LSM dan LSOM serta desa/keluarahan dan RT juga RW.

Selanjutnya pada sesi kedua, materi dibawakan oleh ibu Tri Endah Prasetyaningsih,M.Pd selaku Kabid Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Tumbuh Kembang Anak di Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Acara diakhiri sesi dengan tanya jawab seputar Kampung KB.