Sosialisasi Forum Anak dalam jaga daya tahan tubuh di masa pandemi covid 19

118

Kota Jambi (kla.id)

Penyakit Virus corona (COVID-19) yang bermula di Wuhan akhir tahun lalu kini sudah menyebar ke banyak negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi karena penyakit ini telah menyebar ke lebih dari separuh negara di dunia. Corona milik pemerintah Indonesia covid19.go.id mencatat, COVID-19 sudah menyebar ke 182 negara, termasuk Indonesia dengan jumlah pasien positif virus corona sebanyak 369 orang per 20 Maret 2010. Sementara di dunia, saat ini tercatat ada 250.618 orang pasien yang terinfeksi virus corona, dengan jumlah kematian yang mencapai lebih dari 10.000 orang. Mengingat penyebaran penyakit yang sudah begitu luas, kamu perlu tahu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona Covid-19 merebak agar tidak tertular.

Menjaga kondisi fisik agar tetap bugar adalah hal yang penting dilakukan, terutama bagi orang yang berisiko terkena penyakit tidak menular (PTM). Namun, di tengah pandemi COVID-19 seperti ini, aktivitas fisik dan ruang gerak menjadi terbatas. Penyakit tidak menular (PTM) adalah jenis penyakit yang tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain, misalnya diabetes, penyakit kardiovaskular, kanker, dan penyakit ginjal. Sebagian besar penyakit tidak menular bersifat kronis, yaitu berkembang secara perlahan dan bisa berlangsung dalam jangka waktu lama. Seiring waktu, kondisi ini bisa berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh, sehingga penderitanya rentan terhadap infeksi.

Pentingnya Forum anak salah satunya sebagai jembatan komunikasi antar anak dan pemerintah, sehingga apa yang dilakukan anak baik mimpi, harapan maupun permasalahan dapat direspon oleh pemerintah. Salah satu responya adalah pemberian program bersama dan aktifitas kegiatan yang dilakukan oleh forum anak. Baik kapasitasi pengetahuan atau kegiatan yang mendukung program prencanaan pembangunan.

Dalam video berdurasi 17 menit 36 detik. Forum Anak Bumi Angso Duo Kota Jambi mensosialisasikan jaga daya tahan tubuh agar tak gampang sakit di masa pandemi covid 19, Daya Tahan tubuh adalah kemampuan dari tubuh kita untuk membentengi tubuh dari serangan berbagai macam virus atau kuman, sehingga badan dalam keadaan sehat dan mampu melakukan aktivitas tanpa adanya gangguan kesehatan. Karena penyebaran Virus corona yang mulai mengancam, FAD Kota Jambi mengajak dan juga menganjurkan untuk mempraktekan perilaku hidup bersih yang mana tidak batuk sembarangan, mencuci tangan dengan air mengalir, serta beberapa aspek kebersihan lainnya.