Sosialisasi Sinden Tumbang untuk 35 PAUD di Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan

466

Tanjung Selor (kla.id) – Bertempat di Gedung Pertemuan Lantai 2 Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Provinsi Kalimantan Utara melalui Bidang Pemenuhan Hak Anak melakukan sosialisasi tentang cara menginput data pada aplikasi Sinden Tumbang untuk pengelola dan operator 35 PAUD di Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan (6/8/2018).

Dalam sambutannya, Gubernur Provinsi Kalimantan Utara yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Sanusi, M.Si meminta seluruh lapisan masyarakat terutama guru PAUD dan orang tua untuk benar-benar memperhatikan tahapan-tahapan perkembangan anak, karena anak adalah masa depan bangsa, bagaimana keadaan bangsa kita ke depan ditentukan oleh anak-anak yang saat ini berada dibawah bimbingan kita. Oleh karena itu perlu kerja keras jika kita menginginkan hasil terbaik.

Sistim informasi deteksi dini tumbuh kembang (Sinden Tumbang) adalah suatu sistim informasi yang dirancang agar deteksi dini tumbuh kembang anak yang dilaksanakan Dinas Kesehatan melalui puskesmas datanya dapat tersedia secara cepat dan akurat. Data-data tersebut meliputi berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, gangguan perkembangan, dan lain-lain. Diharapkan dengan data ini dapat menjadi acuan bagi stakeholder terkait untuk menyusun kegiatan yang berkaitan dengan anak.

Sosialisasi seperti ini akan terus dilakukan di wilayah Kabupaten Bulungan, dan tahun-tahun mendatang untuk wilayah Provinsi Kalimantan Utara.

(Neni)