Stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional Jadi Fokus Penyelesaian

47

Tanjung Selor (kla.id) – Bupati Bulungan, H Sudjati, SH memimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 tahun 2019 di UPT Puskesmas Tanjung Selor, Jl Mangga II, pada Jumat pagi (6/12). Bupati membacakan sambutan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto menjelaskan, ada 2 isu utama yang harus diselesaikan untuk membangun SDM yang berkualitas yaitu Stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional.
Dijelaskan, peringatan HKN ke 55 tahun 2019 mengusung tema Generasi Sehat Indonesia Unggul sebagaimana amanat Presiden RI bahwa perhatian pemerintah dalam kurun 5 tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia.Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang tersenyum, orang berdiri, dalam ruangan dan makanan

“Menegaskan arahan Presiden tersebut, 2 isu kesehatan utama yaitu Stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas,” ucap Bupati. Dilanjutkan, isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.
“Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya,” sebutnya. Diterangkan, berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih dari kinerja kabinet lalu yang ditandai dengan adanya peningkatan “Indeks Pembangunan Manusia” Indonesia setiap tahun, di mana salah satu parameter yang diukur adalah “Usia Harapan Hidup”. Isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan, antara lain dengan menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB.Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan luar ruangan

“Dalam kurun waktu 5 tahun angka Stunting telah berhasil diturunkan hampir 10 %,” ungkapnya. Ditambahkan, pembangunan kesehatan di daerah serta pemanfaatan anggaran harus dilaksanakan dan dikelola secara baik benar dan bertanggung jawab, akuntabel, transparan serta dengan sistem monitoring evaluasi yang ketat. Bupati pun menyampaikan harapan Menkes RI, agar Generasi Sehat yang diperjuangkan bersama dapat menjadi SDM Unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045 yang bertepatan saat bonus demografi untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera.

Upacara HKN ke 55 tingkat Kabupaten Bulungan turut diisi penyerahan penghargaan kepada para Tenaga Kesehatan Teladan, Penghargaan Desa ODF / Stop Buang Air Besar Sembarangan kepada Desa Antutan, Kecamatan Tanjung Palas dan Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Palas Timur, pemberian Sertifikat Kader Posyandu yang lulus sertifikasi, pemberian piagam lulus ASI eksklusif, penerima piagam penghargaan Forkahat terkait Lokus Verifikasi Kabupaten Sehat 2019, serta pemberian tali asih kepada pensiunan dan lansia Dinas Kesehatan Bulungan.