Sukseskan Pendataan Keluarga 2020

305
Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan dalam ruangan

Tanjung Selor (kla.id) – Semua pihak terkait di Kabupaten Bulungan baik di tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa diminta memberikan dukungan terhadap Pendataan Keluarga 2020, yang akan diintegrasikan dengan data Sensus Kependudukan yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Bupati Bulungan H. Sudjati, SH menyampaikan hal itu dalam acara pembukaan Sosialisasi Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana di Kabupaten Bulungan yang berlangsung di Aula BKPSDM Jl Agathis, Tanjung Selor pada Kamis (31/10).

Dijelaskan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) harus dapat menyukseskan pelaksanaan Pendataan Keluarga atau PK 2020 dan Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia bersama dengan Pemerintah Daerah. Kemudian dengan adanya Prinsip Satu Angka, BKKBN juga wajib untuk melakukan integrasi data bersama dengan Kementerian Dalam Negeri dan Badan Pusat Statistik yang juga akan melaksanakan Sensus Penduduk 2020.

Selanjutnya, memanfaatkan modalitas data yang dimiliki atau melakukan data sharing agar manfaat kegiatan tepat sasaran serta berimplikasi pada upaya penurunan disparitas antar wilayah dan antar kelompok sosial ekonomi.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum, berdiri dan dalam ruangan

BKKBN juga harus mengetahui posisi perencanaan di tahun 2020 sebagai tahun awal pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024 dengan kekuatan maupun peluang yang dimiliki untuk mengatasi dan menyikapi kelemahan serta tantangan ke depan.

“Untuk mendukung hal tersebut di tingkat daerah Kabupaten Bulungan, saya berpesan kepada petugas lapangan KB yaitu Kader KB dan PKB serta pengelola program KB yaitu bidan klinik KB dan bidan Pustu atau Puskesmas Pembantu, wajib membuat dan menyetor laporan hasil kegiatan dan pelayanannya. Termasuk peningkatan kuantitas dan kualitas laporan bulanan Dallap (Pengendalian Lapangan dan Pelkon (Pelayanan Kontrasepsi),” pesannya. Dilanjutkan, kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Bulungan itu untuk meningkatkan pemahaman dan dukungan terhadap program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga), khususnya untuk menuju keluarga yang berkualitas di Kabupaten Bulungan.

Gambar mungkin berisi: 33 orang, orang tersenyum, orang berdiri

Diingatkan pula, bahwa Kampung KB yang juga telah berjalan di Bulungan merupakan ikon program KKBPK di mana kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara, melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Maka untuk kebijakan terkait Kampung KB secara khusus melalui program dan anggaran dari Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa, kiranya dapat memaksimalkan peran mitra kerja dan lintas sektoral dalam program Kampung KB untuk menuju keluarga yang berkualitas,” pungkasnya.