SUPERCAMP 2018 KOTA DENPASAR

542

Dalam rangka mengisi liburan semester anak-anak sekolah di Kota Denpasar, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Denpasar mengadakan kegiatan Supercamp untuk anak-anak SMP se-Kota Denpasar dan diikuti pula oleh anak-anak Lentera Anak Bali (LAB) serta anak-anak Yayasan Panti Asuhan Dharmajati. Kegiatan yang telah berlangsung setiap tahun ini bekerjasama dengan Pradnyagama sebagai tim fasilitator dan narasumber kegiatan yang berlangsung selama dua hari satu malam dari tanggal 5-6 Juni 2018 dan bertempat di Landih Ashram Bangli. Tema kegiatan Supercamp tahun ini adalah “Anti Hoax #kritis adalah kita”.  Kegiatan lepas oleh Sekretaris Dinas di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Denpasar Ibu I Gusti Agung Wetrawati. Beliau menyampaikan bahwa “Kegiatan ini harapannya dapat menjadi sarana untuk anak-anak di Kota Denpasar mengisi liburan sekolah dengan hal yang positif”. Selanjutnya diadakan acara penyerahan anak-anak peserta Supercamp 2018 kepada Pradnyagama yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak Bapak Tresna Yasa.

Selama dua hari kegiatan Supercamp diisi dengan berbagai kegiatan permainan edukatif yang melatih anak untuk mandiri, kerjasama, konsentrasi, ketangkasan, dan rasa tanggungjawab. Selain kegiatan permainan edukasi, diisi pula dengan pemberian materi yang diberikan oleh P2TP2A Kota Denpasar mengenai Bahaya Kekerasan yang dapat terjadi pada remaja. Selaindari P2TP2A Kota Denpasar, materi juga diberikan oleh PUSPAGA Kota Denpasar dan FAD Kota Denpasar mengenai “GENTING” Gerakan Anti Bullying dan “2P”Pelopor dan Pelapor.

Seluruh rangkaian kegiatan selama dua hari diakhiri dengan pemberian kesan dan pesan dari para peserta. Anak-anak yang menjadi peserta kegiatan Supercamp 2018 menyambut baik kegiatan ini, karena mereka dapat mengisiliburan sekolah dengan kegiatan yang menyenangkan dan dapat memperoleh pengalaman baru serta teman-teman baru. Selanjutnya anak-anak juga berharap kegiatan ini dapat terus berlangsung setiap tahunnya.

Setelah penyampaian kesan dan pesan oleh anak-anak, kegiatan Supercamp 2018 di tutup oleh Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak Bapak Tresna Yasa. Beliau menyampaikan bahwa “Selama dua hari kegiatan berlangsung, anak-anak seluruhnya dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan antusias. Harapannya kegiatan ini juga dapat bermanfaat untuk melatih anak-anak menjadi anak yang mandiri dan bertanggungjawab”.