Susun Program Kerja, Forum Anak Panrita Lopi Bulukumba Prioritaskan Pembentukan Forum Anak Desa dan Kelurahan

659

Bulukumba, (kla. id)

Puluhan Pengurus Forum Anak Bulukumba yang tergabung dalam Forum Anak Panrita Lopi dan Forum Anak Kecamatan se-Kabupaten Bulukumba, Sabtu 16 Februari 2019 melaksanakan penyusunan program kerja tahun 2019.

Para Pengurus Forum Anak Panrita Lopi Bulukumba itu menitik beratkan program kegiatannya pada upaya pembentukan Forum Anak Desa/Kelurahan. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung tekad Pemerintah Kabupaten Bulukumba untuk meningkatkan kategori dan kriteria Kabupaten Bulukumba sebagai Kabupaten Layak Anak yang pada tahun 2018 lalu masih pada kategori pratama.

Penyusunan program kerja yang didampingi langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bulukumba dan sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah yang mengurusi pemenuhan hak dan perlindungan anak itu dilaksanakan di aula kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jalan Anggrek, Bulukumba.

Menurut Hj. Umrah Aswani Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bulukumba, pihaknya sengaja menitipkan skala prioritas pembentukan Forum Anak Desa/Kelurahan, mengingat Pemerintah Kabupaten Bulukumba bertekad meningkatkan capaian kriteria Kabupaten Bulukumba sebagai Kabupaten Layak Anak, dan salah satu kriteria indikator yang sangat berpengaruh adalah terbentuknya Forum Anak Desa/Kelurahan.

Selain pembentukan Forum Anak Desa/Kelurahan, para pengurus Forum Anak Kabupaten Bulukumba juga merencanakan kegiatan yang fokus pada pemenuhan hak-hak anak di Bumi Panrita Lopi itu.

“Jika para pengurus Forum Anak menemukan ada rekan-rekannya yang belum memiliki akte kelahiran, maka wajib melaporkan hal tersebut kepada pemerintah setempat dalam kapasitasnya sebagai agen pelopor dan pelapor, termasuk melaporkan hal-hal yang berkaitan dengan masalah perlindungan anak,” kata Hj. Umrah Aswani.

Selain itu, Forum Anak Panrita Lopi Bulukumba juga memprogramkan keberlanjutan sosialisasi anti bullying yang pada tahun 2018 lalu telah terlaksana di SMPN 9 Bulukumba.

Sebelum menyerap aspirasi usulan program kegiatan, Pengurus Forum Anak Panrita Lopi memaparkan program kegiatan Forum Anak Panrita Lopi maupun program kegiatan Forum Anak Kecamatan tahun 2018 lalu sebagai perbandingan. “Kita harapkan tetap ada program sebagaimana program yang terlaksana tahun lalu, tapi tentunya ada peningkatan capaian. Kita juga terbuka untuk saling bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk Pengurus Forum Anak Kecamatan,” kata Khaerul Anam Ketua Forum Anak Panrita Lopi Bulukumba.

Sementara itu, Arham Nur, Duta Anak Nasional tahun 2017 yang turut mendampingi kegiatan penyusunan program forum anak menyampaikan teknis penyusunan program yang harus menyesuaikan dengan kluster-kluster pemenuhan hak-hak anak. (Naskah berita Muhajir-Foto Irwan A. Ime)