Tahun Ini Disdikbud Bulungan Akan Masukan Mapel Bahasa Daerah

67

TANJUNG SELOR(kla.id) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulungan tahun ini menargetkan mata pelajaran (Mapel) bahasa daerah dapat diterapkan untuk seluruh sekolah yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan.

Dikatakan Kepala Disdikbud Bulungan H.Jamaluddin Saleh melalui Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Penilaian Dedy Irawan, mengatakan, saat ini pihaknya masih menyusun Kompetensi Dasar, 1,2 dan 3 terkait dengan rencana tersebut.

“Saat ini tim masih terus melakukan penyusunan,” ungkapnya, Selasa (12/2).

Disinggung apakah bisa diterapkan di tahun ini, ia katakan untuk masalah tersebut pihaknya pun sangat berharap, sebab targetnya pun demikian. Namun ia berharap tidak ada kendala yang berarti sehingga bisa diterapkan tahun ini juga.

“Yang mau dimasukkan di tahun ini ialah Mapel Bahasa Bulungan, kami targetkan bisa tahun ini, sebab untuk tahun berikutnya akan muncul lagi Mapel Bahasa Dayak dan Bahasa Tidung,” jelasnya.

Bahasa daerah ini lanjut Dedy, nantinya akan di masukkan ke dalam Mapel Muatan Lokal pada sekolah-sekolah yang ada, yang tentunya di tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Bulungan.

“Jadi akan diterapkan secara menyeluruh pada sekolah yang menjadi tanggung jawab kabupaten,” sebutnya.

Dia menjelaskan, penerapan Bahasa Daerah di dalam mata pelajaran tersebut tentu ada maksud dan tujuannya. Terutama melestarikan budaya. Dengan kondisi saat ini banyak generasi muda yang sudah tidak fasih dalam berbahasa daerah.

“Bahasa daerah adalah kekayaan budaya yang harus tetap lestari. Oleh karenanya kami berharap dengan adanya mata pelajaran bahasa daerah, masyarakat khususnya pemuda bisa lebih fasih dalam menggunakan bahasa daerah,” terangnya.

Ia sebutkan bahasa daerah dapat mengarahkan siswa untuk berkembang dalam lingkungan lokalnya. Sehingga pembelajarannya juga penting karena dapat membangun dan menguatkan karakter bangsa.

“Itu suatu hal yang penting dan perlu kita kuatkan,” pungkasnya. (MC Bulungan/slu)